Sintang (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sintang, Syarif Muhammad Taufik mengatakan pihaknya sedang melakukan uji coba pencetakan KTP Elektronik yang kewenangannya sudah diserahkan ke daerah. Pihaknya sudah menerima kepingan KTP elektronik yang akan dicetak oleh Disdukcapil Kabupaten Sintang sebanyak 3.129 buah.

“Sudah kami uji coba, hasil cetakan KTP Elektroniknya bagus,” kata dia.

Taufik menyampaikan pihaknya masih menyiapkan berbagai sistem, perlengkapan dan tempat untuk mencetaknya. Pihaknya juga masih menyusun personil yang akan bertugas secara bergiliran untuk mencetak KTP Elektronik ini.

Ia mengatakan untuk tahap awal, KTP Elektronik yang akan dicetak ialah data KTP Elektronik masyarakat yang belum menerima KTP Elektronik tersebut. Sementara dia telah melakukan perekaman sejak beberapa bulan lalu. “Kami prioritaskan dulu yang belum menerima. Terutama data-data yang telah diverifikasi oleh pusat dan data tersebut sudah dikirim ke kami,” ujarnya.

Dikatakan Taufik, saat uji coba pencetakan KTP Elektronik ini, waktu untuk mencetak satu KTP Elektronik sekitar 4 menit. Dia mengaku masih melihat dalam satu hari mampu mencetak berapa KTP elektronik. Taufik menegaskan dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pencetakan massal KTP Elektronik. “Paling lambat awal Januari 2015 kami akan memulai melakukan pencetakan KTP Elektronik secara massal,” katanya.   

Dia menyampaikan dengan penyerahan kewenangan pencetakan KTP Elektronik di daerah mudah-mudahan ribuan KTP yang belum tercetak bisa segera dicetak dan proses pencetakan bisa lebih cepat. Dikatakannya, jika pencetakan KTP Elektronik di pusat maka tercepat KTP baru tercetak sekitar dua bulan. “Tapi dengan cetak di daerah saya yakin dalam dua minggu KTP Elektronik sudah tercetak,” tuturnya.

Ia mengatakan untuk kepingan KTP El masih dari pemerintah pusat. Sistemnya juga tidak lepas dari pengendalian pemerintah pusat. Data penduduk yang sudah melakukan perekaman dikirim ke data center kemudian data tersebut diverifikasi dulu oleh Kementerian Dalam Negeri. Baru setelah itu dikirim kembali ke Disdukcapil untuk dicetak.
Dia mengatakan Disdukcapil Kabupaten Sintang sudah menyiapkan dua orang tenaga pencetak KTP El. Selain tenaga teknis ini, Disdukcapil juga sudah menyiapkan tiga alat cetak KTP El.

Syarif meminta masyarakat yang belum memiliki KTP El segera untuk melakukan perekaman karena sebentar lagi cetak KTP El akan dilaksanakan di daerah.

Pewarta: Faiz

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014