Pontianak (Antara Kalbar) - Jerit tangis anak-anak mewarnai khitanan massal yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak, Rabu (24/12) di Aula rumah dinas Wakil Wali Kota Pontianak. Sebanyak 35 anak-anak dari empat kecamatan se-Kota Pontianak dikhitan secara massal dalam rangka kegiatan bhakti sosial PHBI.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menyambut baik digelarnya khitanan massal karena baik bagi kesehatan.

 Ia berharap jumlah peserta khitanan massal lebih ditingkatkan lagi terutama bagi keluarga yang kurang mampu. “PHBI harus rutin menggelar kegiatan seperti ini, bila perlu setahun dua kali dilaksanakan khitanan massal,” ujarnya.

Sutarmidji pada kesempatan itu ikut mencoba mengkhitan seorang anak.

Menurut dia, kegiatan khitanan massal ini perlu disosialisasikan di masyarakat sehingga anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu ikut dikhitan. Diakuinya, masih banyak anak-anak yang belum dikhitan. “Mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi yang ikut khitanan massal,” katanya.

Ketua PHBI Kota Pontianak, Zumiyati menyatakan, khitanan massal ini merupakan program kerja PHBI tahun 2014. “Kegiatan ini tujuannya adalah ingin membantu meringankan beban orang tua masyarakat Kota Pontianak yang belum berkesempatan mengkhitan anaknya, maka melalui kesempatan ini kita menggelar khitanan massal,” tuturnya.

PHBI akan menggelar kegiatan bhakti sosial khitanan massal ini secara rutin pada tahun 2015 mendatang.  Saat ini, baru empat kecamatan dari enam kecamatan di Kota Pontianak yang menjadi sasaran khitanan massal. Untuk itu, ke depan, PHBI akan menggelar kembali khitanan massal bagi dua kecamatan yang belum terjangkau kegiatan bhakti sosial ini. “Mudah-mudahan ke depan jumlah peserta khitanan massal lebih banyak lagi dari yang sekarang,” pungkasnya.

Pewarta: Jimmy

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014