Sungai Raya (Antara Kalbar) - Ketua PKK Provinsi Kalimantan Barat, Frederika Cornelis meminta kepada pemerintah Kubu Raya untuk melibatkan PKL untuk dilibatkan dalam kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 yang dilaksanakan di kabupaten itu pada tanggal 21 Mei mendatang.

"Pemerintah Kubu Raya saya minta untuk mengikutsertakan Pedagang Kaki Lima (PLK). Karena, biar bagaimana pun, keberadaan PKL ini harus selalu dihidupkan dan merupakan aset bagi Pemerintah Daerah," katanya saat menghadiri rapat akhir persiapan kegiatan HKG PKK ke-43 di Sungai Raya, Senin.

Selain itu, lanjutnya, Pemda berkewajiban untuk membantu para PKL itu untuk meningkatkan penghasilan mereka, dan tentunya hal ini sudah mendapatkan instruksi dari Pemerintah Pusat dan Gubernur Kalbar.

"Saya merasa merasa bangga dengan kesiapan yang sudah dilakukan Pemkab Kubu Raya, karena tadi saya dengar penjelasan dari Asisten 2 Pemkab Kubu Raya, bapak Odang Prasetyo telah menjelaskan secara detail tentang kesiapan pelaksanaan kegiatan ini," katanya.

Dia menjelaskan, untuk tempat pelaksanaan kegiatan HKG PKK tahunan ini sudah disiapkan dengan baik. Bahkan dirinya pun sudah melihat langsung tempat pelaksanaan kegiatan tersebut yang berlokasi di samping Kantor Bupati Kubu Raya.

Frederika menuturkan, sebagai tuan rumah, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya saat ini sedang berusaha mempersiapkan diri untuk menggelar sejumlah kegiatan salah satunya Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 yang akan berlangsung pada tanggal 21 sampai tanggal 23 Mei mendatang.

"Pada tanggal yang sama, juga akan digelar kegiatan secara bersamaan diantaranya Hari Pangan Se-dunia, Hari Krida Pertanian, Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-12 dan Hari Malaria se-dunia," jadi semua kegiatan itu akan kita rangkum menjadi satu dan pelaksanaannya semua di Kubu Raya," tuturnya.

Ditempat yang sama, Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 20 stand yang akan digunakan untuk para PKL itu.

Dirinya menuturkan, sebagai Kepala Daerah, dia berkewajiban untuk memberdayakan dan meningkatkan hasil perekonomian para PKL itu, dimana keberadaannya sangat membantu bagi pemerintah daerah dalam membantu mempromosikan makanan dan minuman khas Kubu Raya.

"Sampai saat ini persiapan untuk pelaksanaan kelima agenda tersebut sudah mencapai 80 persen. Mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan tingkat provinsi, saya meminta kepada seluruh SKPD dan panitia yang terlibat dalam agenda ini untuk bekerja guna mensukseskan kegiatan tersebut," katanya.***4***

(KR-RDO)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015