Pontianak (Antara Kalbar) - Harga daging sapi potong dan ayam ras potong yang dijual di Pasar Flamboyan Pontianak, atau pasar tradisional terbesar di kota itu, stabil atau tidak naik menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Kami tidak menaikkan harga jual daging sapi potong, yakni tetap Rp120 ribu/kilogram atau sama seperti sebelum-sebelumnya," kata Tomy salah seorang penjual daging sapi potong di Pasar Flamboyan Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan, tidak adanya kenaikan harga jual daging sapi potong karena sudah kesepakatan pedagang daging di Pasar Flamboyan Pontianak.

Sementara itu, harga jual ayam ras potong di Pasar Flamboyan Pontianak juga tidak mengalami kenaikan dibanding harga jual sebelumnya, yakni Rp24 ribu/kilogram untuk timbang bulat atau belum bersih.

"Kami menjual daging ayam potong ras tidak naik untuk menyambut lebaran besok, karena stok cukup memenuhi permintaan," kata zulfian.

Sementara itu, data harga dari Dinas Perindustrian Perdagangan, koperasi dan UKM Kota Pontianak, mencatat harga ayam ras potong bersih Rp31 ribu/kilogram, untuk daging sapi potong Rp120 ribu/kilogram, cabai rawit Rp65 ribu, bawang merah Rp16 ribu/kilogram, bawang putih Rp20 ribu/kilogram, telur ayam ras Rp1.200 /butir hingga Rp1.400 /butir atau tergantung ukuran, kemudian wortel Rp50 ribu /kilogram, bunga kol Rp50 ribu/kilogram, tomat besar Rp8 ribu/kilogram, kol Rp10 ribu/kilogram, dan kentang Rp10 ribu/kilogram.

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Abdul Manaf menyatakan stok sapi sebanyak 14 ribu ekor diharapkan cukup memenuhi hewan kurban Idul Adha 2015.

Menurut Manaf sebanyak 14 ribu ekor sapi tersebut, delapan ribu didatangkan dari Madura, dan sisanya sekitar enam ribu hasil pengembangan sapi lokal.

"Kami juga menyiapkan sekitar 20 ton daging beku, untuk antisipasi kekurangan daging sapi potong menjelang Idul Adha," ungkapnya.

Menurut dia, tidak ada masalah untuk stok daging di Kalbar, karena provinsi ini memiliki beberapa daerah penghasil hewan ternak dan masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Manaf mengimbau kepada pedagang sapi potong juga tidak menaikkan harga terlalu jauh menjelang Idul Adha dari harga sekarang Rp120 ribu /kilogramnya.

***3***



Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015