Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 80 haji asal Kota Singkawang, tiba di kampung halaman dan mendapat sambutan hangat dari seluruh keluarga mereka, Rabu.

Ada isak tangis sanak saudara maupun kerabat saat menyambut kedatangan jemaah haji asal Kota Singkawang. Kedatangan 80 haji itupun disambut Wali Kota Singkawang Awang Ishak dan Forum Komunikasi Pimpinan Kota Singkawang di Kantor Wali Kota setempat.

Wali Kota Singkawang Awang Ishak merasa bersyukur karena jamaah haji yang berasal dari kota itu kembali dengan selamat tanpa kurang satu apapun.

"Alhamdulillah jamaah haji kita pulang dengan lengkap dan selamat. Kita doakan semoga mereka menjadi haji yang mabrur," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang H Jawani juga bersyukur jamaah haji yang berjumlah 80 orang ini pulang dengan selamat.

"Memang untuk kepulangan jamaah haji kita gabungkan yang jumlahnya bus tiga menjadi dua agar semuanya cepat sampai dan tiba di Singkawang," ujarnya.

Ketua rombongan jemaah haji Kota Singkawang Muslimin juga bersyukur pulang dengan selamat.

Dia menceritakan bahwa saat peristiwa Mina terjadi jamaah haji Singkawang sudah kembali ke pemondokan.

"Memang kami pergi melempar jumrah tapi turun setelah selesai Shalat Subuh. Setelah kami kembali, baru terjadi peristiwa itu," katanya.

Berdasarkan informasi yang didapatnya, jamaah haji ramai saat waktu Shalat Dhuha terutama dari Afrika dan Asia sehingga lebih baik mendahului waktu secepat mungkin dengan jalur yang berbeda dari jemaah haji dari Afrika dan Asia.

"Waktu itu, kondisi masih sepi sehingga kami selesai dengan cepat melempar jumrah," tuturnya. 

(KR-RDO/S023)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015