Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya memimpin ziarah makam pahlawan Dharma Patria Jaya bersama unsur Forkompimda sebagai rangkaian dari kegiatan peringatan HUT ke-59 Pemprov Kalbar.

"Puncak kegiatan HUT Pemprov Kalbar ke-59 ini akan kita laksanakan pada Kamis besok, dimana kita akan menggelar upacara peringatan HUT. Sementara untuk kegiatan ziarah ini sebagai salah satu rangkaian dari peringatan HUT tersebut," kata Christiandy di Pontianak, Selasa.

Upacara ziarah dalam rangka HUT Pemda tahun 2016 tersebut ditandai dengan peletakan karangan bunga di monumen Makam Pahlawan, dilanjutkan dengan tabur bunga dimakam para pejuang yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya, diikuti oleh para peserta Upacara.

Terpisah, Kepala Biro Humas Kalbar Numsuan Madsun mengatakan untuk perayaan HUT Pemprov ke-59 itu, sejak beberapa waktu lalu sudah dibentuk kepanitiaan dan menetapkan 36 kegiatan, mulai dari jalan sehat, donor darah, sepeda santai, pasar murah dan juga termasuk peresmian Jembatan Tayan.

"Namun untuk peresmian Jembatan Tayan terjadi tarik ulur, karena diharapkan presiden yang akan meresmikannya. Untuk kegiatan pagi tadi, pak Wagub bersama unsur Forkompimda Kalbar melakukan ziarah makam Pahlawan yang ada di Kubu Raya," tuturnya.

Upacara ziarah tersebut dihadiri oleh para Anggota Forkompimda Kalimantan Barat, para pimpinan SKPD, di lingkungan Pemprov Kalbar, pimpinan instansi vertikal, pejabat di lingkungan Pemprov Kalbar, karyawan di lingkungan dinas instansi dan SKPD di lingkungan Pemerintah Prov Kalbar, Karyawan BUMN, BUMD dan Swasta.

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Pemerintahan Setda Provinsi Kalbar, Drs Soemarno mengungkapkan berbagai kegiatan digelar untuk memperingati hari ulang tahun ke-59 Pemprov Kalbar. Beberapa diantaranya perlombaan internal dan hiburan keluarga.

"Rangkaian kegiatannya tak jauh seperti tahun sebelumnya. Ada lomba untuk interen Pemprov Kalbar seperti futsal, tarik tambang, dan lainnya," katanya.

Ia menuturkan tema HUT Pemprov Kalbar pada tahun ini yakni "Mari Bersatu Membangun Kalbar". Tema ini dipilih dengan pertimbangan kebijakan pemerintah pusat.

"Presiden Joko Widodo menyerukan visi Ayo Kerja sehingga menjadi masukan bagi Pemprov Kalbar maupun masyarakat agar giat bekerja. Tema HUT Pemprov ini dikaitkan dengan visi itu," jelas Soemarno.

Menurut Soemarno, Pemprov Kalbar telah menggelar beberapa kali rapat bersama satuan kerja perangkat daerah maupun instansi vertikal di Kalbar berkenaan dengan hari ulang tahun tersebut. Ia mengupayakan agar peringatan ulang tahun bisa berlangsung meriah tapi sederhana.

"Seluruh pembiayaannya ditanggung oleh masing-masing satuan kerja perangkat daerah," katanya.

(KR-RDO/T011)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016