Pontianak (Antara Kalbar) - Wali Kota Pontianak Sutarmidji meminta kalangan perhotelan terutama dengan kelas bintang tiga ke atas di kota itu untuk menyajikan kuliner khas yang dapat menjadi daya tarik pengunjung agar datang kembali menikmatinya.

"Di Jakarta atau Bandung, ada hotel yang menyajikan makanan secara spesial sehingga ketika kita berkunjung ke kota itu, maka salah satu pertimbangan dalam memilih hotel adalah kulinernya," kata Sutarmidji saat peresmian Gajahmada Avara Boutique Hotel di Pontianak, Rabu.

Di Pontianak, lanjut dia, ada sejumlah kuliner unggulan seperti kwee tiau, kopi, serta lainnya.

Ia mengungkapkan, ada bupati di Kalteng yang kerap mencari makanan hingga ke Pontianak.

"Istri bupati itu sangat suka Tim Ikan Salju, sampai lewat jalan darat ke Pontianak. Artinya, ada tambahan peluang untuk mendatangkan orang ke Pontianak," kata Sutarmidji.

Presiden Joko Widodo juga menyenangi kuliner Pontianak sehingga ketika berkunjung selalu menginap.

Namun sayangnya ia menilai belum ada yang serius menggarap potensi itu. "Saya sudah berkeliling hotel di Pontianak, tidak ada yang menggarap kopi secara khusus," ujarnya.

Ia pun berencana akan menggandeng Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia setempat untuk menggali menu-menu asli Pontianak.

Sutarmijdi berharap, hotel di Pontianak terus meningkatkan kualitas dan profesionalitas dalam pelayanan. "Saya siap keliling (hotel ke hotel), kalau ada kritikan, saya sampaikan. Ini kan tujuannya agar lebih baik," katanya menegaskan.

Dengan bertambahnya hotel di Pontianak, maka akan semakin siap dalam menghadapi kegiatan tingkat nasional maupun internasional.

"Sekarang ada lebih 4 ribu kamar di Pontianak, saya targetkan nanti diatas angka 5 ribu kamar," kata dia.

Sedangkan untuk hall, ada hotel yang mampu menampung seribuan pengunjung. Pontianak Convention Center juga mampu menampung 1.500 orang. "Jadi saya rasa tidak masalah," katanya.

Sejumlah kegiatan nasional pun siap digelar di Pontianak. Diantaranya lomba sains nasional yang akan diikuti 700 hingga 800 peserta se-Indonesia pada Agustus mendatang.

"Ada tiga atau empat kegiatan tingkat nasional yang akan digelar di Pontianak," kata Sutarmidji.

GM Gajahmada Avara Boutique Hotel Husni Thamrin mengatakan, hotel tersebut semakin menambah pilihan warga yang berkunjung dan menginap di Pontianak.

"Selain tentunya dapat membuka peluang kerja bagi warga setempat," ujar Husni.

Hotel bintang tiga tersebut mempunyai 111 kamar. Terletak di jantung Kota Pontianak, Jalan Gajahmada.  

(T011/B012)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016