Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk membangun dan memperbaiki jalan di kecamatan Sungai Kakap yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan.
"Tahun ini, pengerjaannya akan dilakukan. Anggaran yang sudah disiapkan untuk kecamatan Sungai Kakap sebesar Rp5 miliar," kata Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Kubu Raya, Chairil Rahmi di Sungai Raya.
Dia mengatakan, jika melihat kondisi beberapa ruas jalan yang ada di kecamatan tersebut memang sangat memprihatinkan, karena sebagian besar bagian jalan banyak yang berlubang.
Hal itu jelas menimbulkan kekecewaan bagi warga karena banyak masyarakat kecamatan Sungai Kakap yang mempertanyakan keseriusan pemkab Kubu Raya dalam membangun infrastruktur di kecamatan itu.
"Tapi masyarakat tidak perlu khawatir, karena tahun ini kita akan melakukan perbaikan, dan ini bukti keseriusan kita untuk membenahi infrastruktur yang ada," katanya.
Chairil menambahkan, pemkab Kubu Raya akan memprioritaskan pembangunan jalan di beberapa kecamatan yang berbatasan langsung dengan kota Pontianak dan kabupaten lainnya.
"Paling tidak, kondisi jalan di perbatasan kita bisa sama dengan kota Pontianak atau daerah lainnya," katanya.
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali juga menyadari bahwa pembangunan jalan di kecamatan itu sangat mendesak, namun katanya, untuk status jalan provinsi tetap harus berkoordinasi dulu dengan pemerintah Provinsi dan mengambil langkah bersama untuk mengatasinya.
"Untuk Jalan Raya Sungai Kakap ini, akan segera kita atasi bersama dengan pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Saya menyadari bahwa ini merupakan jalan utama dan urat nadi perekonomian masyarakat Kecamatan Sungai Kakap, sehingga sangat mendesak untuk segera diatasi dan kita sudah mengkoordinasikannya untuk mencari solusinya secara bersama," ujar Rusman Ali.
Untuk itu, sejak beberapa waktu lalu pihaknya mulai berbenah untuk segera meningkatkan kualitas jalan poros dan jalan-jalan utama di setiap kecamatan di Kubu Raya.
Rusman Ali mengharapkan adanya partisipasi aktif dari masyarakat untuk bersama-sama menjaga fasilitas-fasilitas umum di Kubu Raya terutama jalan-jalan poros dan jalan-jalan provinsi serta jalan-jalan nasional yang merupakan milik bersama dan aset negara harus dijaga bersama-sama.
"Untuk jalan di Kecamatan Sungai Kakap ini, saya meminta agar masyarakat bersabar dan bersama-sama kita mengharapkan pemprov Kalbar untuk bisa membantu percepatan perbaikannya," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016