Sungai Raya (Antara Kalbar) - Mahasiswa Ners Untan mengajak masyarakat di Desa Mega Timur, Kecamatan Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, untuk senam bersama di halaman balai desa setempat, Minggu.
   
Senam dimulai dengan registrasi dan pemeriksaan tekanan darah secara gratis pada pukul 05.30 WIB. Tepat pukul 06.00 WIB, senam pun dimulai dan berakhir hingga pukul 08.00 WIB yang ditutup dengan pembagian hadiah dan foto bersama.      
   
"Saya sangat senang karena dengan kegiatan seperti ini kita bisa sekaligus bersilaturahmi dengan warga lainnya, ditambah lagi ada pemeriksaan kesehatan gratis dan pulang dapat doorprise," kata Iin, perempuan warga setempat yang menjadi peserta senam.
   
Menurut Eriyanto selaku koodinator stase praktik keperawatan komunitas, kegiatan senam ini akan dilaksanakan setiap minggu pagi dengan tujuan agar masyarakat Desa Mega Timur dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya.
   
Selain senam, dalam praktik ini mahasiswa juga merencanakan berbagai kegiatan yang berfokus pada kesehatan yang dikemas dalam berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat.
   
Diantaranya khitanan massal, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, pemeriksaan golongan darah dan donor darah gratis, pembentukan desa siaga, pemberdayaan kader-kader desa, dan berbagai lomba dalam rangka bulan suci Ramadhan nantinya yang akan bekerja sama dengan berbagai instansi terkait dan sponsor.
   
"Kami berharap kehadiran kami di Desa ini dapat memberikan dampak positif bagi warga karena sesuai dengan tema kami yaitu peduli sekarang, menuju masyarakat yang sehat," kata dia.
   
Sebanyak 47 mahasiswa menjalani praktik profesi ini selama 8 minggu yang dimulai sejak 1 Mei lalu.
*Mahasiswi Ners Untan

Pewarta: Sri Yuniarti*

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016