Pontianak  (Antara Kalbar) - Wali Kota Pontianak, Sutarmidji melantik sebanyak 56 orang pejabat eselon III dan IV dalam mengisi kekosongan jabatan di lingkungan pemerintah kota setempat.

"Pelantikan ini untuk mengisi kekosongan jabatan serta sebagai persiapan bagi pejabat yang memenuhi syarat mengikuti tes menduduki jabatan setara eselon II," kata Sutarmidji di Pontianak, Rabu.

Selain itu, menurut dia, Sekretaris Daerah Kota Pontianak, M Akip tidak lama lagi akan memasuki masa pensiun, sehingga akan ada pejabat eselon II yang naik menduduki jabatan Sekda.

Pejabat setara eselon yang dilantik terdiri dari, eselon III/a sebanyak lima orang, III/b sebanyak 14 orang, IV/a 20 orang, IV/b 12 orang, dan V/a lima orang, katanya.

"Sementara itu, saya sengaja masih mengosongkan dua jabatan camat, yakni Camat Pontianak Tenggara dan Pontianak Barat, sebab saya akan menguji kemampuan sekretaris camat di dua kecamatan itu, apakah mampu atau tidak mengemban jabatan sebagai camat," ungkapnya.

Meskipun diakuinya, kedua sekcam itu sudah bisa menduduki jabatan camat tetapi mereka akan diuji lagi selama setahun sebagai sekcam.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Pontianak menambahkan, untuk pejabat Eselon IV, dari 100 orang yang telah melalui tes kompetensi, 97 orang diantaranya memenuhi syarat, dan tiga orang masih masuk kategori memenuhi syarat, artinya sebanyak 97 persen nilainya bagus.

Namun, lanjut Sutarmidji, ada juga pejabat yang dites intelligence quotient (IQ-nya) yang mencapai skor 124 hingga 126, tetapi untuk scorefit, yakni berkaitan dengan pengembangan diri dan lain sebagainya, nilainya kurang.

"Istilahnya ada orang pintar tetapi dia tidak bisa memimpin anak buahnya, sehingga tidak mudah menempatkan seseorang seperti itu pada suatu posisi atau jabatan," katanya.

(U.A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016