Pontinak (Antara Kalbar) - Anggota DPR RI Dapil Kalbar Micheal Jeno mengatakan dalam kontek kekinian dalam berbangsa dan bernegara setiap warga negara harus terus memperdalam pemahaman terhadap empat pilar kebangsaan.

Dengan demikian maka rasa cinta terhadap tanah air dan semangat berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia akan lebih baik dan mudah terwujud, katanya di Pontianak, Senin.

"Empat pilar yang meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika penting dipahami," ujarnya.

Ia menjelaskan sebagai anggota DPR RI yang memiliki tugas untuk memasyarakatkan empat pilar tersebut juga terus mensosialisasikannya seperti yang belum lama dilakukan di pertengahan Juni kepada masyarakat Pontianak.

"Sesuai UUD 1945 pada amandemen ke empat dijelaskan bahwa MPR terdiri atas anggota DPR dan anggota DPD yang terpilih melalui pemilihan umum harus andil untuk memasyarakatkan empat pilar mengingat hal itu sangat penting," jelasnya.

Dikatakanya dalam sosialisasi juga digelar dengar pendapat untuk menampung aspirasi masyarakat terkait empat pilar dan reformulasi sistem perencanaan pembangunan nasional dengan model GBHN.

"Berdasarkan pandangan masyarakat di Kota Pontianak dapat disarikan bahwa reformulasi sistem perencanaan pembangunan nasional dengan Model GBHN masih niscaya untuk dilakukan," terangnya.

Menurut Jeno dari empat pilar terpenting adalah bagaimana praktek di kehidupan sehari - hari. Dalam tindak tanduk sebagai warga negara katanya harus berdasarkan ke empat hal tersebut agar Indonesia lebih baik lagi.



(U.KR-DDI/H005)

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016