Mempawah (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Mempawah menerima Anugerah Kawastara Pawitra dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang disampaikan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Hotel Novotel Solo, Jawa Tengah.
    Anugerah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut diterima Wakil Bupati Gusti Ramlana yang mewakili bupati Ria Norsan yang berhalangan hadir karena pada bersamaan mengikuti kegiatan Sail Selat Karimata di Kabupaten Kayong Utara.
    Ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Siswandari, M.Stats, menerangkan Kawastara Pawitra merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang dianggap peduli terhadap program pelatihan kepala sekolah.
    Dikatakan saat ini ada sebanyak 334 kabupaten/kota atau sekitar 65 persen dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia yang mengimplementasikan program pelatihan kepala sekolah. Peran kepala sekolah memang sangat penting namun harus diakui belum semua daerah memiliki kesadaran untuk mengikuti Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS).
    "Karena itu anugerah ini diberikan kepada pemerintah daerah yang dianggap memiliki komitmen tinggi dalam menyelenggarakan Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS), baik dengan APBD maupun dana masyarakat," kata Siswandari.
    PPCKS adalah program pemerintahan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diimplementasikan di seluruh Indonesia. Program itu bertujuan memperbaiki manajemen sekolah dan kesinambungannya. Dikatakan, pemerintah melalui Permendiknas Nomor 6 Tahun 2009 yang diperbarui dengan Permendikbud Nomor 39 Tahun 2012 dan diperbarui lagi dengan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2015 tentang Struktur dan Tata Kerja LPPKS, mengamanatkan kepada LPPKS untuk melaksanakan penyiapan, pengembangan, dan pemberdayaan kepala sekolah.
    "Amanat ini akan dapat dilaksanakan dengan baik jika didukung oleh seluruh stakeholders, baik internal maupun eksternal," jelas Siswandari.
    Penganugerahan Kawastara Pawitra sebenarnya bukan kali pertama diterima Pemerintah Kabupaten Mempawah. Pada tahun 2013 lalu, Bupati Ria Norsan telah mendapat penghargaan LPPKS Appreciation Award. Saat itu, Bupati Ria Norsan menerima penghargaan karena dinilai sebagai satu di antara kepala daerah yang mendukung pelaksanaan Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010.
    Permendiknas tersebut meliputi penyiapan kepala sekolah, penilaian kinerja kepala sekolah, dan pengembangan mutu berkelanjutan bagi kepala sekolah. Bupati Ria Norsan bahkan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat karena dianggap berhasil dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemberdayaan kepala sekolah di daerah masing-masing secara swadana melalui APBD. Waktu itu hanya ada 2 (dua) gubernur, 5 (lima) wali kota, dan 18 bupati yang mendapatkan penghargaan tersebut. Dan Bupati Ria Norsan menjadi satu-satunya bupati di Kalimantan Barat yang mendapat penghargaan tersebut.

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016