Singkawang (Antara Kalbar) - Kasi Bina Pasar dan Distribusi Disperindagkop dan UKM Singkawang, Helmi Aswandi mengatakan, jika harga cabe rawit saat ini telah mengalami kenaikan sebesar Rp60 ribu per kilogram atau naik sekitar 9 persen.

"Kenaikan ini telah terjadi pada minggu ke empat November 2016. Yang mana harga cabe rawit saat ini sudah dijual sekitar Rp60 ribu per kilogram atau naik sekitar 9 persen," kata Helmi, Minggu.

Padahal ujar Helmi, pada minggu lalu harga cabe rawit masih dijual seharga Rp55 ribu per kilogram. "Kenaikan ini disebabkan faktor cuaca ekstrim yang terjadi sekarang ini," tuturnya.

Kemudian, lanjut Helmi, harga ayam potong juga saat ini telah mengalami kenaikan dengan harga jual rata-rata Rp35 ribu per kilogram atau naik sekitar 13 persen.

Menurutnya, kenaikan harga ayam ini mulai terjadi sejak Selasa kemarin. "Padahal sebelumnya hanya Rp31 ribu per kilogram," ungkapnya.

Sebenarnya, kata Helmi, kenaikan harga ayam potong sudah terjadi kenaikan sejak minggu kedua November 2016. "Yang mana pada minggu kedua harga ayam potong sudah mencapai 28 ribu per kilogram," katanya.

Sedangkan pada minggu sebelumnya (minggu pertama) harga ayam potong masih dijual seharga 25 ribu per kilogram.

Kemudian, di minggu ketiga harga ayam potong kembali naik menjadi Rp31 ribu per kilogram. Dan pada akhir di minggu ke empat, harga ayam potong sudah mencapai Rp35 ribu per kilogram.

"Seperti saat sekarang ini," kata Helmi.

Menurut informasi dari pedagang, ungkap Helmi, bahwa kenaikan harga ayam potong disebabkan oleh terbatasnya pasokan sedangkan permintaan tetap.

Kemudian, selain harga ayam, menurutnya pula telur ayam juga telah terjadi kenaikan harga. Yang mana saat ini sudah dijual rata-rata Rp22 ribu per kilogram.

"Jika dibandingkan dengan minggu lalu, harga telur ayam masih di kisaran dengan harga rata-rata Rp21 ribu. Jadi ada kenaikan harga Rp1.000 per kilogram atau naik sekitar 5 persen," katanya.

Sementara harga bawang merah, lanjutnya, masih bertahan dengan harga tinggi yakni di kisaran antara Rp38 ribu sampai Rp40 ribu per kilogram.

Sedangkan harga bawang putih masih di kisaran antara Rp36 ribu sampai 38 ribu per kilogram. Tak hanya itu, gula pasir juga telah mengalami kenaikan. Dari Rp13 ribu per kilogram naik menjadi Rp13.500 per kilogram.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016