Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali memastikan distribusi air bersih untuk komplek Korpri, Sungai Raya Dalam, akan rampung pada tahun ini.

"Untuk distribusi air bersih Komplek Korpri, Desa Sungai Raya Dalam mulai tahun ini sudah bisa menikmati air bersih. Proses revitalisasi terus dilakukan oleh pemerintah dengan mencari inovasi baru untuk mengupayakan pelayanan maksimal bagi masyarakat," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Selasa.

Dia menjelaskan, untuk Kompleks Korpri, yang menjadi kendala selama ini adalah menyangkut persoalan aset. Dimana sebelumnya sudah ditanam pipa-pipa saluran air bersih bahkan hingga ke rumah-rumah sudah ada pipa saluran sejak kompleks tersebut dibuka yang saat itu masih dalam wilayah Kabupaten Mempawah.

Persoalan aset tersebut belum juga selesai hingga sekarang sehingga berdampak pada pelayanan kepada masyarakat. Sehingga Pemerintah Kubu Raya mengambil langkah inisiatif dan membuat inovasi baru dengan membuat saluran pipa baru ke Kompleks Korpri lewat booster terdekat yang ada di Sungai Raya Dalam.

"Kita sudah cari solusinya, kita lakukan inovasi pelayanan dengan memasang jaringan baru. Kita juga terus melakukan revitalisasi terhadap PDAM kita saat ini. Tujuan kita hanya satu adalah bagaimana supaya masyarakat dapat terlayani dengan baik, sehingga mulai tahun ini sudah bisa menikmati air bersih di komplek Korpri," tuturnya.

Dia menyatakan, PDAM Kubu Raya nantinya akan mengambil aliran air dari booster yang ada di Kompleks Lantang Tipo, mengitari dari arah luar masuk ke Korpri, dengan demikian bisa memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Korpri dan sekitarnya.

Rusman Ali mengharapkan kerjasama dari semua masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat, ketua RT/RW, kepala dusun serta Desa untuk memudahkan bagi pemasangan saluran tersebut. Sebab tidak tertutup kemungkinan akan melewati pagar atau halaman rumah warga. Ia meminta agar semua masyarakat berpartisipasi aktif dan memahami semua proses pembangunan yang sedang berjalan.

"Saya minta kepada warga semua agar jangan mempersulit petugas saat memasang jaringan dan penanaman pipa baru nanti. Toh semuanya kan untuk kepentingan masyarakat juga, jadi mari kita saling bekerja sama dan saling mendukung," katanya.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Raya Sungai Raya Urai Wisata mengatakan untuk tahap pertama akan mengaliri 300 rumah dan sisanya akan dilanjutkan tahun depan sambil melakukan pendataan calon pelanggan.

Ketua RW Komplek Korpri Gusti Admaja menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Bupati Rusman Ali atas respons cepat yang dilakukan Pemerintah Kubu Raya dalam memberi solusi bagi kebutuhan air bersih di Korpri.

"Kami sangat bersyukur, pak Bupati Rusman Ali dengan cepat mencari jalan kluarnya, melakukan inovasi pelayanan dan mengalirkan air bersih kesini. Ibarat orang yang sedang haus kemudian dikasih air seperti itulah perasaan syukur kami. Sejak Kubu Raya terbentuk sekarang baru bisa mendapat air bersih," kata Gusti.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016