Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Odang Prasetyo secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 tingkat Kecamatan Sungai Kakap di Desa Kalimas, Kecamatan Sungai Kakap.

"Kami berharap kafilah yang meraih prestasi itu nantinya bisa mewakili tingkat Kabupaten dan Provinsi serta Nasional," kata Odang Prasetyo saat pembukaan MTQ ke-5 di Desa Kalimas Sungai Kakap, Minggu.

Dalam kegiatan yang diikuti para kafilah dari 14 Desa di kecamatan itu terdiri dari tingkat kanak-kanak, remaja serta dewasa. Mereka peserta dari masing-masing Desa mengirimkan sebanyak 28 kafilah untuk bersaing meraih juara di 13 majelis.

Ke-13 majelis yang dilombakan, di antaranya Tahfidz Quran, Tilawah, Sharhil Quran, Tafsir Quran, Khat Mushaf dan Qiraatil Kutub.

"Kami minta peserta mempersiapkan lebih optimal dan matang hingga berhasil meraih juara," tuturnya.

Menurut Odang peserta berasal dari 14 Desa di kecamatan itu bisa bersaing untuk merebut MTQ tingkat Kecamatan Sungai Kakap ke-5.

Sedangkan, penilaian MTQ ini melibatkan 127 dewan hakim dan panitera sebanyak 25 orang.

"Semua dewan hakim dan panitera itu sudah memiliki kompetensi sertifikasi yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kubu Raya," katanya.

Ia mengatakan, mereka para dewan hakim akan menilai disesuaikan dengan bidang keahliannya, sehingga tidak diragukan lagi dalam memberikan penilaian pada peserta.

Untuk mencegah kecurangan juga melibatkan dewan pengawas agar penilaian pada lomba itu obyektif.

"Kami berharap MTQ tingkat Kecamatan Sungai Kakap ini memiliki kualitas untuk mewakili Kecamatan di Kabupaten, Provinsi hingga nasional," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017