Putussibau (Antara Kalbar) - Sekretaris Daerah Kapuas Hulu H Muhammad Sukri menekankan agar pengelolaan destinasi pariwisata harus melibatkan masyarakat dan juga pelaku asosiasi, industri, akademi dan pemerintah untuk kepentingan bersama.

"Masyarakat juga harus dilibatkan terutama untuk meningkatkan kualitas pengelolaan volume kunjungan wisatawan," kata Sukri saat membuka sosialisasi dan penyusunan rencana aksi tata kelola destinasi pariwisata khusus "Sentarum" di Aula Bank Kalbar, Putussibau, Kapuas Hulu, Jumat.

Ia mengatakan jika melibatkan semua pihak maka program tersebut dapat memberikan dampak besar terhadap pembangunan pariwisata Kapuas Hulu.

Menurut Sukri di Danau Sentarum dan sekitarnya banyak ditemui destinasi wisata unggulan seperti wisata budaya, petualangan hingga wisata alam.

"Jika dilihat potensi kita tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia, namun infrastruktur kita jauh tertinggal," jelas Sukri.

Dikatakan Sukri dalam percepatan destinasi pembangunan maka perlunya sinergitas antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan mitra untuk bersama - sama dalam memajukan pariwisata.

"Penyiapan destinasi, masyarakat dan infrastruktur mesti dilakukan secara bersama," kata Sukri.

Oleh sebab itu Sukri meminta pemerintah pusat melalui kementerian terkait dapat selalu memberikan perhatian terhadap pengembangan pembangunan pariwisata di Kapuas Hulu.


(T.KR-TFT/N005)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017