Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mulai mempersiapkan diri menjadi tuan rumah puncak peringatan ke-37 Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2017

"Karena kegiatan HPS ini akan dipusatkan di Kalimantan Barat, sebagai tuan rumah tentu segala sesuatunya harus dipersiapkan sedini mungkin, walaupun pelaksanaannya masih beberapa bulan kedepan," kata Sekretaris Daerah Kaimantan Barat M Zeet Hamdy Assovie, di Pontianak, Senin.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi HPS di Kementerian Pertanian RI di Jakarta, Jumat, dibahas berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan pada HPS tersebut.

Kegiatan yang akan dilakukan adalah pameran di ruang tertutup dan ruang terbuka, lomba cipta menu yang dipusatkan di sekitar Makodam XXII/TPR, kegiatan seminar yang juga akan dihadiri oleh para perwakilan duta besar Negara sahabat untuk Indonesia, serta panen padi dan ekspor beras perbatasan.

"Untuk acara panen padi, informasinya telah siap dipanen sebanyak 100 hektare lahan di Desa Tunggal Bakti Kecamatan Kembayan, Sanggau dan sekaligus pencanangan ekspor beras perdana perbatasan ke Malaysia melalui PLBN Entikong, yang insya Allah kan dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo," katanya.

Dalam Rapat Koordinasi tersebut Sekda Kalbar didampingi Bupati Kubu Raya, Bupati Sanggau, Kadis Peternakan, Kadis Pertanian Provinsi Kalbar, Kadis Pertanian Kabupaten Sanggau dan Kubu Raya meyatakan bahwa panitia daerah baik provinsi maupun kabupaten yang ditunjuk (Kubu Raya dan Sanggau) telah siap untuk menjadi tuan rumah kegiatan HPS ke-37 tahun 2017.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Hari Priyono, didampingi Karo Kerja Sama Luar Negeri Sekjen kementan, kepala pusat penganekaragaman konsumsi dan kemanan pangan Badan Ketahanan Pangan Kementan, Karo Humas dan Informasi Publik Sekjen Kementan, kabag multilateral biro kerja sama luar negeri Kementan, dan Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan.

Dia menambahkan segala kegiatan yang telah direncanakan tentu tetap dilaksanakan, hanya saja tinggal dimatangkan saja. Yang pasti menurut Sekjen adalah acara panen padi, peresmian ekspor perdana beras, yang akan dicanangan oleh Bapak Presiden.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017