Pontianak (Antara Kalbar) - Direktur Bank Central Asia (BCA), Santoso menyerahkan bantuan berupa buku kepada enam Sekolah Dasar (SD) Negeri yang ada di wilayah Sing Bebas (Singkawang, Bengkayang, Sambas), Kalimantan Barat, Selasa.

Penyerahan buku itu di pusatkan di SDN 65 Kulor, Jl Raya Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur.

"Bantuan ini merupakan perwujudan gerakan berbagi BukuUntukIndonesia, sejak bulan Maret 2017, sekaligus dalam rangka HUT ke-60 BCA," kata Santoso.

Yang mana diusia ke-60 BCA, pihaknya berkomitmen untuk menjadi lebih baik melalui tiga pilarnya yakni belajar lebih baik, melayani lebih baik, dan memberi lebih baik.

"Aksi berbagi buku untuk Indonesia ini merupakan perwujudan komitmen BCA untuk memberi lebih baik kepada masyarakat dengan harapan dapat berkontribusi meningkatkan minat baca di berbagai pelosok di Indonesia yang penting dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan berakhlak mulia," ujar Santoso.

Aksi berbagi buku itu juga turut dimeriahkan dengan kehadiran Giring `Nidji� Ganesha sebagai storyteller yang semangat mengajak siswa-siswa SD menjadi Sahabat Bumi dengan membiasakan diri menjaga kebersihan alam, berfikir kreatif, dan menabung sejak dini untuk masa depan.

Dikatakan Santoso, bahwa Gerakan Berbagi #Buku untuk Indonesia berhasil mengundang partisipasi masyarakat yang tinggi.

"Pada periode pertama, yang dilaksanakan sejak 15 Maret hingga 15 Juni 2017, terkumpul dana donasi lebih dari Rp1 miliar. Dari dana tersebut, BCA mewujud nyatakan dalam bentuk buku yang didonasikan ke 113 sekolah penerima di 60 titik di Indonesia," jelasnya.

Jadi, ungkapnya, selain di Singkawang, BCA juga sebelumnya telah mengadakan Aksi Berbagi #BukuUntukIndonesia di Lampung, Makassar, Garut, Manado, Kupang, dan Banda Aceh.

"Terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menyukseskan gerakan berbagi #BukuUntukIndonesia dan mempercayakan BCA sebagai perpanjangan tangan dalam berbagi kebaikan. Mari terus ciptakan akses yang luas kepada anak-anak di daerah untuk memperoleh buku bacaan yang dapat membuka wawasan terhadap dunia dan menuju kehidupan yang sejahtera," ajak Santoso.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang, HM Nadjib mengatakan, apa yang dilakukan BCA sangat luar biasa.

"Ini saya katakan luar biasa. BCA merupakan sebuah lembaga yang punya perhatian dan kepedulian terhadap dunia pendidikan," kata Nadjib.

Cuma yang menjadi persoalan, ungkapnya, bagaimana guru-guru bisa mendorong siswa siswinya supaya rajin membaca.

"Perpustakaan sudah ada dan buku sudah ada. Jangan sampai yang membacanya tidak ada," ujarnya.

Dia mengungkapkan, tidak ada anak yang sukses tanpa rajin membaca buku. Oleh sebab itu, dia menekankan agar guru dan orang tua untuk selalu mendorong dan meyakinkan anak-anaknya bahwa membaca itu adalah penting.

Nadjib berharap, kerjasama dengan BCA akan terus berlanjut. Karena masih banyak yang bisa dilakukan dalam rangka mengentaskan pendidikan yang lebih baik.

"Baik itu berupa beasiswa, pelatihan, olahraga, kesenian, dan sebagainya," pintanya.

Sementara Kepala SDN 65 Singkawang Timur, Ine Darlila mengatakan, bantuan yang diberikan BCA merupakan sebuah anugerah bagi pihaknya dalam menunjang pendidikan yang lebih baik.

"Sebagai ucapan terima kasih kami, maka kami hanya bisa memberikan doa semoga BCA semakin maju dan sukses," katanya.

Sementara itu, enam sekolah yang mendapat bantuan buku dari BCA tersebut, antara lain, SDN 37 Sempalai, SDN 13 Kubung, SDN 52 Sijangkung, SDN 65 Kulor, SDN 05 Nyandung dan SDN 08 Padang Singkawang, Kalimantan Barat.

Hadir dalam kegiatan itu, Executive Vice President BCA Inge Setiawati, Kepala Kantor Wilayah XI BCA, Yandy Ramadhany, Kepala KCU BCA Singkawang, Eduard Hans Winarko, Kepala Seksi Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Sosial Masyarakat Dinas Sosial Propinsi Kalimantan Barat Rubiah dan Sekretaris Dewan Pendidikan Singkawang, Helmi Fauzi.
*

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017