Singkawang (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba sekolah sehat (LSS) tingkat Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal (RA), SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI), SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

"Lomba ini merupakan wahana silaturahim untuk berkomunikasi dan saling bertukar pengalaman," kata Pelaksana harian Sekretaris Daerah Singkawang, Bujang Sukrie, Rabu.

Diketahui bahwa Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu, melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, perguruan agama serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan tersebut.

"UKS adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektor untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya terbentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) baik bagi peserta didik, warga sekolah maupun warga masyarakat," ujarnya.

Sehingga, katanya, upaya untuk meningkatkan kesehatan anak sekolah merupakan upaya strategis yang perlu ditingkatkan melalui program UKS.

Dia menyebutkan, masalah kesehatan anak sekolah ini antara lain, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), penyalahgunaan narkoba, seks bebas, infeksi menular, gizi buruk, gangguan kesehatan terkait sanitasi dasar, kurangnya SDM pembina UKS serta terbatasnya sarana UKS.

Yang mana dalam tatanan pelayanan kesehatan, guru UKS secara langsung berhubungan dengan promosi kesehatan di sekolah yang merupakan suatu upaya untuk menciptakan sekolah menjadi suatu komunitas yang mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekolah melalui tiga kegiatan utama.

"Tiga kegiatan tersebut, pertama, penciptaan lingkungan sekolah yang sehat," jelasnya.

Kedua, pemeliharaan dan pelayanan kesehatan di sekolah. Dan ketiga, upaya pendidikan yang berkesinambungan.

Sedangkan usaha-usaha kesehatan sekolah yang dapat diterapkan dan diciptakan di lingkungan sekolah, tambahnya, pertama, menciptakan lingkungan sekolah yang sehat. Kedua, pendidikan kesehatan. Ketiga, pemeliharaan dan pelayanan kesehatan di sekolah.

"Dengan dilaksanakannya perlombaan ini diharapkan bermanfaat bagi peserta dan dapat membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan para guru UKS serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan UKS di sekolah sehingga mampu memotivasi anak didik agar berpartisipasi mewujudkan sekolah sehat," jelasnya.

Sementara itu, nama-nama pemenang Lomba Sekolah Sehat (LSS) adalah sebagai berikut, untuk tingkat taman kanak-kanak (TK)/Raudhatul Athfal (RA) juara 1 diraih TKN Pembina Singkawang Selatan, juara 2 TK Al Ikhlas Singkawang Barat, juara 3 TK Riyadus Sholihin Singkawang Tengah, dan juara harapan TKN Pembina Singkawang Utara.

Untuk tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI) juara 1 SD Bruder Singkawang Barat, juara 2 SD Torsina II Singkawang Tengah, juara 3 SD 46 Singkawang Selatan, dan juara harapan SDN 87 Singkawang Utara.

Untuk tingkat SMP/MTs juara 1 SMPN 4 Singkawang Tengah, juara 2 SMP Pengabdi Singkawang Barat, juara 3 SMPN 7 Singkawang Selatan, dan juara harapan SMPN 8 Singkawang Utara.

Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK/MA juara 1 MAN Model Singkawang Tengah, juara 2 SMA Ignatius Singkawang Barat, juara 3 SMAN 4 Singkawang Selatan dan juara harapan SMAN 6 Singkawang Utara.


(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017