Pontianak (Antara Kalbar) - Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Kabupaten Kubu Raya, mendorong petani yang ada di Kecamatan Terentang, untuk menggunakan alat pertanian modern untuk memaksimalkan potensi yang ada.

"Saat ini sistem pertanian Kecamatan Terentang mulai menggunakan teknologi pertanian modern. Seperti pada Desa Radak 1 Kecamatan Terentang, petani sudah menerapkan teknologi dalam menanam padi," kata Kadis Pertanian dan Tanaman Holtikultura Kubu Raya, Gandhi Setyagraha di Sungai Raya, Selasa.

Dia menjelaskan, teknologi yang sudah diterapkan oleh petani di Desa Radak 1 Kecamatan Terentang adalah, teknologi untuk alat tanam padi. Transpenter alat tanam modern yang sudah digunakan oleh petani-petani di Radak 1 dibawah pendampingan dan binaan oleh penyuluh pertanian yang ada.

"Penggunaan alat pertanian modern di Kubu Raya akan terus dikembangkan sebagai sarana dan prasarana penunjang pertanian," tuturnya.

Menurutnya, pemanfaatan tekhnologi disamping menghemat tenaga juga menghemat waktu. "Kita akan terus mengembangkan pemanfaatan sarana dan prasarana pertanian moderen di Kubu Raya," katanya.

Gandhi mengatakan, dengan didampingi oleh penyuluh pertanian yang ada disetiap Desa, Pemerintah Kubu Raya terus melakukan pembinaan dan pendampingan penggunaan sarana pertanian moderen.

"Saat ini teknologi pertanian terus berkembang dan masyarakat petani Kubu Raya kita arahkan untuk juga mengikuti perkembangan teknologi pertanian yang ada. Ini sangat penting dalam upaya pemanfaatan teknologi, untuk peningkatan produksi pertanian Kubu Raya," kata Gandhi.

(KR-RDO/M019) 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017