Singkawang (Antara Kalbar) - Perkumpulan Hakka Indonesia (Perhakin) Singkawang menggelar bakti sosial berupa donor darah dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti masyarakat umum, TNI, Polri dan Bank Kalbar.

"Kami sangat berterima kasih atas partisipasi masyarakat, terutama TNI, Polri dan Bank Kalbar yang ikut serta dalam kegiatan donor darah ini," kata Wakil Ketua Perhakin Singkawang Ng Hian Ku di Singkawang, Minggu.

Ia menyebutkan setetes darah sangat berarti untuk menolong sesama. Sementara ketersediaan stok darah di PMI Singkawang selalu kurang karena banyaknya masyarakat yang membutuhkan darah.

"Itulah yang menjadi alasan kami menggelar aksi donor darah ini dan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua," ujarnya.

Ke depan, dari kegiatan itu akan ada gerakan kepedulian sosial secara bersama-sama lainnya yang dapat melibatkan semua unsur masyarakat.

"Tentu kegiatan itu dimulai dari hal-hal yang sederhana dan mampu kita lakukan serta tidak menguras banyak tenaga dan biaya," ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, pihaknya menargetkan sebanyak 150 kantong darah. "Kami optimistis bisa memenuhi target, dan semoga apa yang kami lakukan pada hari ini dapat membantu saudara-saudara kita yang memang membutuhkan darah," tuturnya.

Menurut dia, kebiasaan mendonorkan darah dapat berguna untuk pemeliharaan fungsi jantung, sebab jumlah darah yang terlalu banyak dapat membebani jantung.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Perhakin Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan bakti sosial donor darah merupakan agenda rutin Perkumpulan Hakka se-Nusantara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai kepribadian bangsa dengan tema "Merah Darahmu Selamatkan Nyawaku" dengan harapan darah yang terkumpul bisa membantu pasien yang memerlukan.

"Dan saya atas nama Perkumpulan Hakka Singkawang mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para pendonor khususnya kepada Bapak Kapolres dan anggota serta Bapak Dandim dan seluruh anggotanya serta Bank Kalbar atas partisipasinya," katanya. 
 

(KR-RDO/A039) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017