Putussibau (Antara Kalbar) - Racing Speed Boat 15 PK di Pulau Sepadan Danau Sentarum, Kecamatan Batang Lupar Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara seperti dari Malaysia.

"Danau Sentarum bak surga, banyak potensi bisa dikembangkan apalagi seni budaya bahkan racing speed boat itu sangat unik, jika selama ini saya melihat racing motor atau mobil tapi di Danau Sentarum itu ada Racing Speed Boat," kata Murdiasyah (46), seorang pengunjung, Kamis.

Di lokasi tersebut berlangsung Racing Speed Boat pada Festival Danau Sentarum Betung Kerihun, di Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu.

Dikatakan Murdiasyah, keunikan Danau Sentarum itu sungguh alami, apalagi dengan berbagai kearifan lokal membuat Pariwisata Danau Sentarum beda dari wisata lainnya.

"Saya terkesan dengan Danau Sentarum, apalagi katanya di danau itu banyak ikan, luar biasa hutannya masih lebat," jelas Murdiasyah yang mengaku baru pertama kali ke Danau Sentarum.



Sementara itu, Tokoh Masyarakat Kapuas Hulu, Agus Mulyana yang melepas peserta Racing Speed Boat itu mengatakan salah satu tujuan dilaksanakannya Racing Speed Boat untuk menarik perhatian wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara.

"Speed Boat itu memang sudah ada di Danau Sentarum dan selama ini digunakan masyarakat setempat sebagai alat transportasi dan digunakan untuk mencari ikan di Danau Sentarum," jelas Agus.

Pria yang berasal dari Lanjak itu pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Kapuas Hulu mengatakan dirinya bersama masyarakat setempat menjadi penyelenggara Racing Speed Boat menunjukan bahwa masyarakat setempat memiliki peranan penting dalam memajukan pariwisata.

" Yang jelas itu upaya untuk menarik perhatian wisatawan, semakin banyak wisatawan datang maka tentunya perekonomian masyarakat semakin meningkat," harapnya.

Pantauan Antara, peserta Racing Boat 15 PK itu diikuti oleh masyarakat lokal disekitar kawasan Danau Sentarum.

(T.KR-TFT/M019)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017