Pontianak (Antara Kalbar) - Wali Kota Pontianak, Kalmantan Barat, Sutarmidji mendorong Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) setempat memiliki basis data anggota dan jumlah kamar yang akurat

"Basis data yang akurat terutama soal informasi jumlah kamar dan fasilitasnya yang detail. Intinya PHRI bisa memberikan data yang mudah dan cepat," ujarnya saat hadir di Musda PHRI Kalbar di Pontianak, Kamis.

Menurut dia, data yang akurat juga untuk menyesuaikan penataan dan upaya Pemerintah Kota Pontianak untuk menjadi "smart city".

"Saat ini Kota Pontianak memiliki aplikasi Gencil. Jadi data dan informasi yang ada bisa disediakan di situ," kata dia.

Terkait upaya mendukung sektor perhotelan dan pariwisata di Kota Pontianak lebih maju lagi, pihaknya terus memberikan kemudahan usaha di bidang tersebut.

"Perizinan dipermudah dan dipercepat. Pemerintah membangun regulasi dan infrastruktur untuk menunjang kemajuan tersebut," papar dia.

Menurutnya sektor perhotelan dan restoran saat ini sudah cukup besar dalam menyumbang PAD.

"Kita dalam membangun kota saat ini satu di antara fokusnya pada penataan tata kelola pemerintahaan dengan baik dan itu terbukti dengan penghargaan yang selalu kita raih. Itu juga mendorong orang datang ke sini dan studi banding," kata dia.

Selama setahun ini sekitar 200 kali orang luar Kalbar melakukan studi banding tentang tata kelola pemerintah di Kota Pontianak.

"Dengan datang di Pontianak maka sektor perhotelan dan restoran tentu berdampak. Jadi kita minta juga hotel terus memaksimalkan pelayanan kepada tamu yang telah hadir di sini," katanya.



(U.KR-DDI/S023) 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017