Pontianak (Antaranews Kalbar) - Bupati Sekadau, Kalimantan Barat, Rupinus meresmikan empat pasar rakyat di daerah itu sebagai langkah untuk menggerakan perekonomian daerah dan masyarakat setempat.

"Empat pasar yang diresmikan ini merupakan milik Pemerintah Kabupaten Sekadau yang pengelolaannya diserahkan kepada pemerintah desa. Hadirnya pasar untuk menggerakan perekonomian daerah," ujarnya saat dihubungi di Sekadau, Sabtu.

Ia menambahkan tujuan pembangunan ke empat pasar adalah mensejahterakan rakyat dan upaya untuk mendorong bertumbuhnya kegiatan rakyat sehingga muncul potensi yang ada.

Baca juga: Pasar Rakyat denyut nadi ekonomi daerah

"Kepada para pedagang agar dapat memanfaatkan keberadaan pasar rakyat ini untuk memberi manfaat besar bagi masyarakat desa dan berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat," harapnya.

Rupinus juga berpesan agar para pedagang selalu menjaga kebersihan pasar.

"Mari bersama menjaga kebersihan pasar karena dengan bersih pasarnya penjual nyaman dan pembeli juga nyaman saat berada di pasar," sebutnya.

Rupinus menjelaskan empat pasar yang diresmikan tersebut di antaranya pasar rakyat Maboh Banyau Kecamatan Belitang, pasar Rakyat Desa Peniti Kecamatan Sekadau Hilir, Pasar Rakyat Balai Sepuak Kecamatan Belitang Hulu dan Pasar Rakyat Kecamatan Nanga Mahap.

Baca juga: Bupati Landak : Perbaiki Manajemen Pengelolaan Pasar Rakyat

"Pasar yang kita resmikan pada 6 April 2018 tersebut khususnya untuk Pasar Rakyat Maboh Banyau dan Pasar Rakyat Desa Peniti dibangun menggunakan DAK Tahun Anggaran 2017. Sedangkan untuk Pasar Rakyat Nanga Mahap dan Pasar Rakyat Balai Sepuak dibangun menggunakan dana DAK Tahun Anggaran 2016," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindakop Kabupaten Sekadau, Heronimus merincikan bahwa untuk Pasar Rakyat Desa Peniti memiliki 8 kios dan 24 ruangan los. Kemudian untuk Pasar Rakyat Maboh memiliki 8 kios dan 16 ruangan los.

"Sedangkan untuk Pasar Rakyat Nanga Mahap dan Balai Sepuak masing-masing memiliki 8 kios," kata dia.

Baca juga: Pontianak-Yayasan Danamon Akan Gelar Festival Pasar Rakyat

Heronimus menjelaskan dengan bertambahnya empat pasar rakyat yang baru tersebut, maka sudah ada tujuh pasar rakyat yang ada di Kabupaten Sekadau.

"Dengan telah selesainya pembangunan keempat pasar rakyat kami berharap sarana distribusi barang kebutuhan pokok dapat berjalan lancar. Semoga pasar tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," kata dia.



 

Pewarta: Dedi/Gansi/Hartono

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018