Pontianak (Antaranews Kalbar) - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat Drs Dodi Riyadmadji, MM meraih penghargaan tingkat nasional sebagai Top Pembina BUMD 2017 karena telah berhasil memajukan Bank Pembangunan Daerah Kalbar.

"Penghargaan ini sebagai pendorong agar BUMD bisa berkembang lagi, selain itu juga, penghargaan ini diharapkan dapat diberikan setiap tahunnya sebagai pemicu agar BUMD dapat berkompetisi selalu," kata Dodi di Pontianak, Jumat.

Dia mengatakan, penyerahan penghargaan itu dilakukan di Balai Kartini Jakarta pada Kamis (3/5) dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, para gubernur, bupati/wali kota penerima TOP Pembina BUMD 2018, serta undangan lainnya.

TOP BUMD adalah satu-satunya kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD), yang terbesar dan paling komprehensif di Indonesia.

"TOP BUMD merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik di Indonesia, atas Achievement (prestasi) dan Improvement (perbaikan) yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah," tuturnya.

Kegiatan TOP BUMD 2018 ini dilakukan untuk mendukung program dan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah, guna mempercepat peningkatan kinerja BUMD dan pembangunan perekonomian di daerah.

TOP BUMD 2018 ini diikuti oleh 200 Nominasi BUMD Terbaik, yang sebelumnya sudah diseleksi dari lebih 2.000-an BUMD di seluruh Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional," katanya.

Menurut Dodi, pemberian penghargaan TOP BUMD 2018 merupakan sebuah penghargaan bagi Gubernur dalam memonitor dan melihat perkembangan BUMD-BUMD itu berkembang.

"Bank Kalbar mendapatkan dua penghargaan bagi Provinsi Kalbar," katanya.

Dikatakannya, selain Bank Kalbar, Pemkot Pontianak juga memperoleh penghargaan sehingga Wali Kota Pontianak Hj Mahmudah juga memperoleh penghargaan sebagai Pembina BUMD Kota Pontianak.

"Mudah-mudahan penghargaan ini dapat diberikan setiap tahunnya, agar dapat memacu sehingga masing-masing BUMD untuk berkompetisi," harapnya.

Baca juga: Dodi Riyadmadji ingatkan korpri jaga netralitas

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018