Putussibau (Antaranews Kalbar) - Pemkab Kapuas Hulu menurunkan tim gabungan Satuan Tugas Kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) untuk menanggulangi Karhutla yang terjadi di puncak Bukit Ampan, kecamatan Pengkadan, Kapuas Hulu, Kalbar.

" Kebakaran di puncak Bukit Ampan tidak bisa dibiarkan sehingga harus segera dipadamkan," kata Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, H Muhammad Sukri di Putussibau, Rabu.

Dia menyatakan, apabila Karhutla di Bukit Ampan tidak segera diatasi, maka dikhawatirkan akan meluas hingga pemukiman warga di sekitar Bukit Ampan.

Sedangkan, Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir meminta Satgas Karhutla Kapuas Hulu segera melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Barat untuk bantuan helikopter.

" Lokasi kebakaran itu berada di puncak bukit yang sulit dijangkau dengan peralatan manual, jadi kita perlu bantuan helikopter," tegas Nasir.

Dirinya berharap persoalan Karhutla di Kapuas Hulu khususnya kebakaran Bukit Ampan segera ditangani.

Nasir juga berpesan agar Satgas Karhutla mengutamakan keselamatan dalam menjalankan tugas.

" Gunakan anggaran yang ada untuk penanggulangan Karhutla, namun yang terpenting juga?mengutamakan keselamatan,"katanya. 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018