Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meminta Satpam yang ada di kota itu bersama seluruh lapisan masyarakat untuk menjadi bagian dalam mensukseskan Pemilu 2019.

"Saya harap, semua aparat keamanan di Kota Singkawang, termasuk Satpam dan semua elemen masyarakat bisa terlibat dalam menyukseskan Pemilu 2019 nanti," kata Tjhai Chui Mie di Singkawang, Senin.

Dirinya juga mengimbau masyarakat Singkawang untuk memilih calon yang terbaik, yang bisa bekerja dan membangun daerah serta bisa membangun negara Indonesia.

Kepada kontestan yang ikut bertarung dalam Pemilu, katanya, diharapkan dalam berkampanye dapat mengedepankan visi misi atau program kerja ke masyarakat.

"Jangan saling menjelek-jelekkan apalagi membawa isu SARA dalam Pemilu, karena itu dapat merusak toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin dengan baik di Kota Singkawang," katanya.

Baca juga: Lembaga adat berperan sukseskan pemilu 2019
Baca juga: KPU ajak masyarakat Kalbar sukseskan pemilu 2019
Baca juga: Mari sukseskan pemilu serentak 2019

Terpisah, Waka Polres Singkawang, Kompol Joko Sulistiono mengatakan, satuan pengamanan memiliki peran strategis baik dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan kerja, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu perhatian pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi, jaminan keamanan pada lingkungan badan usaha dan sektor industri.

Terlebih, tidak lama lagi Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu Pemilu tak terkecuali di Kota Singkawang. Kondisi tersebut memunculkan beberapa potensi kerawanan yang harus diantisipasi, baik dalam tahapan kampanye, pemungutan, penghitungan maupun rekapitulasi suara.

"Diantaranya potensi pemanfaatan isu SARA dan politik identitas serta penyebaran hoaks dan hatespeech yang berpotensi terhadap timbulnya konflik sosial," ungkapnya.

Dalam menghadapi kompleksitas tantangan tersebut, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk Satuan Pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019