Pontianak (Antaranews Kalbar) - Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan (Unhan) Indonesia menggelar Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) di Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio.

"Saya berharap para peserta KKDN Unhan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengetahui tentang organisasi satuan Lanud Supadio beserta tugas dan fungsinya, sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan mereka tentang Lanud Supadio guna melengkapi data-data yang diperlukan," kata Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Palito Sitorus, di Sungai Raya, Selasa.

Dia menjelaskan, sebagai satuan pelaksana Komando Operasi TNI AU I, tugas Lanud Supadio menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan dalam jajarannya, pemberdayaan wilayah pertahanan udara dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan lainnya.

Baca juga: SBY Akan Dikukuhkan Jadi Guru Besar Ilmu Ketahanan

Dalam pelaksanaan tugas tersebut, lanjutnya, Lanud Supadio menyelenggarakan fungsi diantaranya, pembinaan dan penyiapan satuan jajarannya, mengumpulkan dan merekam data untuk menyempurnakan taktik/teknik operasi dan latihan.

Selain itu, Lanud Supadio juga melaksanakan pembekalan dan pengadaan material bagi satuan jajarannya, pemeliharaan alutsista sampai dengan tingkat sedang, pemberdayaan wilayah pertahanan udara melalui pembinaan potensi dirgantara.

"Kami juga pemeliharaan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang menjadi tanggung jawabnya," kata Palito.

Baca juga: Unhan Beri SBY Gelar Profesor Pertahanan

Di tempat yang sama, Wakil Rektor I Unhan Mayjen TNI Sudibyo, mengucapkan terima kasih kepada Danlanud Supadio beserta jajarannya atas kesediaannya menerima kunjungan mahasiswa dari Unhan dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri atau KKDN.

"Mahasiswa yang melaksanakan KKDN ini adalah fakultas teknologi pertahanan yang terdiri dari empat prodi antara lain prodi industri pertahanan, prodi teknologi penginderaan, prodi teknologi persenjataan dan prodi daya gerak," katanya.

Adapun yang berkunjung ke Lanud adalah perwakilan dari masing-masing prodi dikarenakan sekarang ini ada tiga tempat yang bersamaan untuk dikunjungi.

Baca juga: Panglima TNI: Pertahanan dan Ekonomi Tak Dapat Dipisahkan

Ia menambahkan tujuan dari kunjungan mahasiswa Unhan ke Lanud adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa khususnya dalam rangka penyelesaian studi karena di akhir proses pembelajaran nanti mereka akan membuat tesis.

"Oleh karenanya, untuk membuat tesis tentunya harus mendapatkan informasi yang aktual di lapangan serta dapat menyerap lebih banyak implementasi alutsista pertahanan di wilayah Indonesia khususnya di Lanud Supadio ini," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019