Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu menghimbau agar relawan demokrasi yang tersebar di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat untuk menjaga netralitas dalam pemilu.
"Jika ada relawan demokrasi tidak netral dalam menjalankan tugasnya segera laporkan kepada KPU," kata komisioner KPU Kapuas Hulu, Awang Ramlan, di Putussibau, Kapuas Hulu, Minggu.
Dikatakan Awang, KPU Kapuas Hulu telah membentuk 55 orang relawan demokrasi dari berbagai kalangan dengan tugas melakukan sosialisasi Pemilu 2019.
Menurut dia, relawan demokrasi itu terdiri dari basis pemula, basis muda, basis kebutuhan khusus, basis disabilitas, basis marginal, basis keagamaan, basis perempuan, basis keluarga dan basis warga net.
"Masing - masing relawan demokrasi itu punya tugas sesuai basisnya untuk sosialisasi baik dari tahapan pemilu mau pun cara mencoblos serta mengenal surat suara," jelas Awang.
Dia mengatakan para relawan itulah yang juga bersentuhan langsung dengan masyarakat tersebar di beberapa daerah di wilayah Kapuas Hulu.
" Kami tetap monitor kinerja para relawan, jika ada yang tidak melaksanakan tugas atau pun menyalahgunakan perannya maka akan kami tidak mulai dari sanksi kode etik hingga pemberhentian," tegas Awang.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019