Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengatakan, Pemkab Kubu Raya berencana membuat sebuah konsep pembangunan satu kawasan khusus untuk pengembangan budaya, adat istiadat dan keagaman.

"Saya saat ini sedang memikirkan sebuah konsep pembangunan satu kawasan khusus bagi kebudayaan, seni, adat istiadat dan keagamaan, agar nantinya semua aktifitas masyarakat berada dalam satu kawasan,' . kata Sujiwo di Sungai Raya, Jumat.

Ia menjelaskan, masyarakat di kawasan itu melestarikan semua budaya, seni dan adat istiadat serta ada kegiatan-kegiatan pertunjukan yang bisa menjadi tujuan wisata.

Sujiwo mengungkapkan Kubu Raya sebagai miniaturnya Indonesia mesti memiliki sebuah kawasan khusus untuk melestarikan budaya, adat istiadat dan kegiatan keagamaan dalam satu tempat.

Dikatakan Sujiwo, Kubu Raya memiliki modal sosial yang sangat bagus dan sangat lengkap untuk hal tersebut. Sehingga menurutnya tidak berlebihan jika Kubu Raya merupakan miniaturnya Indonesia dengan segala keberagaman budaya, adat dan agama yang lengkap.

"Kubu Raya ini memang representasi dari NKRI dan hampir semua suku juga ada di sini dan ini adalah modal sosial yang sangat baik untuk kita pertahankan dan kita jaga," tuturnya.

Dikatakan Sujiwo, apabila dibangun satu kawasan khusus untuk itu, maka akan menjadi ruang publik bagi masyarakat untuk mengekspresikan dirinya melalui seni dan budaya serta adat istiadat yang ada.

"Kawasan itu sekligus menjadi pusat edukasi dan pusat informasi bagi masyarakat tentang seni, budaya, adat istiadat dan agama," katanya

Menurut Sujiwo, di lokasi yang sama akan menumbuhkan gerakan ekonomi masyarakat dengan menyediakan lapak-lapak kuliner dan souvenir, sehingga menjadi daerah pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat Kubu Raya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019