Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat berkomitmen mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sebagai bukti kehadiran pemkab di tengah warga setempat.

"Layanan kesehatan yang memenuhi standar menjadi bukti kehadiran pemerintah di tengah masyarakatnya. Untuk itu, kita berkomitmen untuk memaksimalkan layanan kesehatan kepada masyarakat," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Kamis.

Dalam berbagai kesempatan, dirinya selalu mengingatkan tentang problem kesehatan masyarakat yang harus diselesaikan.

"Karena memang ini adalah potret bagaimana sebetulnya pemerintah itu hadir dan ada," tuturnya.

Baca juga: Kapolda-Pangdam XII Tanjungpura buka Bakti Sosial Kesehatan Polri 2019

Muda menjelaskan pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa masyarakat bisa hidup tenang, yang antara lain bisa dicapai jika ada kecukupan pangan, gizi, pendidikan, kesehatan, termasuk ketika mengalami sakit warga mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.

"Kerja-kerja kita ke depan tentulah kerja-kerja yang harus terukur dengan langkah-langkah fokus menuju percepatan. Capaian yang ingin kita kejar harus kita tancapkan dengan kokoh dan menjadi sebuah ruang yang membangun atmosfer dalam perspektif kita," katanya.

Ia menyebut problem utama kesehatan adalah akses sehingga pemerintah daerah mengutamakan pelayanan dengan mengejar percepatan supaya ada peningkatan di pusat kesehatan masyarakat, termasuk sebaran sarana dan sumber daya manusia.

Ia mengatakan wilayah Kubu Raya yang hampir 70 ribu hektare dengan lebih separuhnya berupa perairan sungai dan laut menjadi tantangan yang tidak ringan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca juga: Upaya Pemkab Kayong Utara tingkatkan mutu dan pelayanan kesehatan

"Dalam Rakerkesda Kesehatan yang dilaksanakan di Kubu Raya belum lama ini, dari diskusi yang dilakukan diharapkan ada rumusan-rumusan yang sifatnya langsung mendarat kepada solusi. Artinya, kita melakukan langkah strategi yang mungkin tidak rutinitas, tujuannya supaya ada inovasi-inovasi sehingga ada percepatan," tuturnya.

Muda menegaskan pelayanan publik di bidang kesehatan adalah hak mutlak masyarakat sehingga pemerintah daerah fokus mengarahkan kerja kepada pelayanan yang meringankan masyarakat dan mereka terlayani secara optimal.

"Jadi kita tidak bisa memandang itu adalah bantuan pemerintah, tapi itu adalah hak masyarakat untuk terlayani secara maksimal," katanya.

Ia menjelaskan hasil kerja pelayanan kesehatan akan dapat membangun kepercayaan mereka kepada pemerintah daerah yang pada gilirannya partisipasi warga dalam pembangunan pun meningkat.

"Partisipasi dan pelibatan warga akan jauh meningkat apabila kita menunjukkan keseriusan dengan langkah-langkah kita dan berusaha membahagiakan, menyenangkan, dan memberikan perhatian serius kepada masyarakat," kata Muda.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019