Sekretaris Daerah Kayong Utara Hilaria Yusnani membuka Sosialisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Istana Rakyat (Pendopo Bupati Kayong Utara), Rabu (24/7).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Kesejahteraan Rakayat Sekretariat Daerah Kayong Utara ini bertemakan Penerapan Mindset Tentang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah-Sekolah.

Baca juga: SMA Muhammadiyah Sambas Juara Lomba Sekolah Sehat

Dalam sambutannya, Sekda Kayong Utara mengatakan bahwa program UKS yang juga dikenal dengan Trias UKS adalah diarahkan untuk membentuk perilaku anak agar bisa menjaga pola hidup bersih dan sehat.

 
Sosialisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (Istimewa)



"Program UKS yang terdiri dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan serta pembinaan lingkungan sekolah sehat yang juga dikenal dengan Trias UKS adalah suatu program yang diarahkan untuk membentuk perilaku anak agar bisa menjaga pola hidup bersih dan sehat." Ucapnya.

Sekda Hilaria berharap kepada seluruh peserta agar penerapan UKS di sekolah dilakukan setiap hari secara berkala.

Baca juga: SMAN I Pontianak Masuk Penilaian Sekolah Sehat

"Saya berharap kepada seluruh peserta agar penerepan UKS di sekolah-sekolah tidak hanya dilakukan pada saat ada penilaian lomba sekolah saja, akan tetapi dilaksanakan setiap harinya secara berkala sehingga apa yang kita harapkan akan tercapai." Harap Hilaria.

 
Sosialisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (Istimewa)



Hilaria juga menginginkan didalam menjalankan program Trias UKS, pelayanan kesehatan lebih difokuskan pada upaya promotif dan preventatif.

Baca juga: 4 Sekolah di Landak Dinilai Lomba Sekolah Sehat Kalbar 2014

"Dalam menjalankan program Trias UKS ini, Saya juga menginginkan agar pelayanan kesehatan lebih difokuskan pada upaya promotif dan preventatif melalui kegiatan UKS yang dilakukan di sekolah serta bantuan teknis guru Penjaskes/UKS/BK/BP, Dokcil dan Kader Kesehatan Remaja." tuturnya.

Kemudian Sekda menerangkan bahwa program UKS juga perlu didukung oleh manajemen UKS secara terpadu, hal ini guna untuk mengintegrasikan kegiatan program lintas sektor terkait melalui upaya pembinaan UKS  oleh Tim Pembina UKS (TPU) secara berjenjang sampai ke UKS di sekolah. Pungkasnya.

 
Sosialisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) (Istimewa)



Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten III Setda Kayong Utara, Anggota Tim Pembina UKS Provinsi Kalimantan Barat  Budihariansyah yang juga sebagai narasumber, beberapa Kepala OPD Kayong Utara serta diikuti oleh beberapa perwakilan dari Siswa-Siswi SD, SLTP dan SLTA Kecamatan Sukadana.

Baca juga: Kalbar Perkuat Penjaringan Kesehatan Anak Usia Sekolah
Baca juga: Kapuas Hulu Tingkatkan Peran UKS
Baca juga: Masyarakat Kota Pontianak Deklarasikan Tertib Aturan Dan Kantin Sehat
Baca juga: Pontianak Ancam Sanksi Kantin Sekolah Tidak Sehat
 

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019