Pelajar SMKN 1 Pontianak, Ilham Maulana berhasil meraih juara 1  Program Aku Saudagar Muda BNI dari sekian banyak pelajar yang ada di kota berjuluk kota khatulistiwa tersebut.

"Prestasi yang diraih tersebut berkat kerja kerasnya dalam menjual produk UMKM yang ada di Kalbar, membuat komik tentang alur promosi dan penjualan produk serta keaktifan nya mengunggah kegiatan berkaitan aktivitas penjualannya di instagram. Dengan prestasi dan kerja kerasnya menyisihkan pelajar yang lainnya," ujar Pimpinan Wilayah BNI Banjarmasin Klaster Kalbar, Kartiko Sri Wijayanto saat penyerahan hadiah, Kamis.

Baca juga: BNI luncurkan program "Aku Saudagar Muda"

Kartiko menjelaskan bahwa adanya program tersebut bagian upaya BNI untuk terlibat memotivasi dan memunculkan pelaku usaha muda.

"Program ini tentu berbeda dari program yang ada selama ini. Kita menyasar kalangan pelajar SMA/sederajat. Kita sejak dini untuk menumbuhkan pengusaha dari kalangan pelajar atau anak muda yang ada di Kalbar," papar dia.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya melibatkan 97 siswa-siswi dari 10 sekolah yang ada di Kota Pontianak dan 10 UMKM binaan RKB Pontianak (Rumah Kreatif BUMN) di bawah naungan BNI Kantor Cabang Pontianak bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalbar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar dan PLUT Kalbar.

Baca juga: BNI Dukung Program Kementan Melalui KUR

"Program dimulai sejak tanggal 13 Februari 2019, akhir penjurian 14 April 2019 dan penyerahan hadiah tanggal 25 Juli 2019 ini. Jumlah produk UMKM yang terjual sebanyak 3413 produk dan jumlah komik 424 komik yang menceritakan alur penjualan dalam pemasaran produk UMKM yang di tunjuk," papar dia.

Pemenang lainnya dari program tersebut ada 13 murid dari 3 sekolah yakni SMKN 1, SMAN 1 dan SMKN 5 Pontianak. Untuk juara 1 diberikan sebuah laptop, juara dua yang terdiri dari tiga siswa masing - masing mendapat 1 buah telpon seluler dan juara tiga yang terdiri 9 siswa mendapat kouta internet gratis tanpa batas selama 1 tahun.

Baca juga: BNI Dukung Program Penciptaan Dana Desa Migran Produktif

Sementara itu, Kasi Keuangan Disdikbud Provinsi Kalbar, Sudarmawan menyambut baik program BNI

"Kegiatan ini sangat baik dan perlu terus dikembangkan untuk masa mendatang. Program yang dilakukan sedini mungkin akan membantu pelajar terutama sasaran SMA/SMK untuk semangat jadi saudagar," jelasnya..

Ke depan kata dia bagaimana pendidikan kewirausahaan baik dari segi kurikulum maupun penyajian nya di sekolah terus dimaksimalkan.

Baca juga: BNI Luncurkan Program Sahabat UKM

"Program RKB ini semoga memberikan dampak bagi pelajar dan daerah. Semoga terus berlanjut. Kami mendukung program tersebut. Kepada siswa punya lah cita - cita menjadi pengusaha. Kepada pemenang dapat ditingkatkan lagi," pesannya.

Sementara itu juga, Kabid Pemberdayaan UKM, DisKUMKM Kalbar, Jimmy Tiro mengapresiasi kepada BNI dan pemenang. Menurutnya program tersebut harus dilanjutkan.

Baca juga: BNI Kalbar Salurkan Rp10,03 Miliar Untuk PIP
Baca juga: Wabup Apresiasi Program Perbankan Masuk Sekolah
Baca juga: BNI: Karyawan Wajib Paham Soal "Tax Amnesty"


"Kepada pemenang sangat beruntung karena ada peluang yang besar diberikan BNI. Manfaatkan peluang yang ada. Kita sangat mendukung dan ke depan juga kita terus koordinasi program agar RKB terus maksimal," jelas dia.

Baca juga: BNI: Karyawan Wajib Paham Soal "Tax Amnesty"
Baca juga: Wabup Apresiasi Program Perbankan Masuk Sekolah
Baca juga: BNI Kalbar Salurkan Rp10,03 Miliar Untuk PIP

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019