Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak terus meningkatkan SDM mahasiswanya terutama untuk menjadi generasi qurani dan satu di antaranya melalui lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ).

“MTQ  tingkat mahasiswa IAIN yang digelar sejak tanggal 3 Oktober hingga 5 Oktober 2019  untuk mendorong mahasiswa menjadi insan qurani atau bersikap dan berbuat sebagaimana tuntunan kitab Alquran,” Ketua Club Quran IAIN,  Aty Munshihah di Pontianak, Jumat.

Baca juga: MTQ wadah dalam memahami isi kandungan Al Qur'an

Aty menjelaskan tujuan lain dari kegiatan tersebut adalah untuk menghidupkan kembali semangat anggota klub setelah tahun sebelumnya sempat vakum.

“Kemudian wadah ini dan kegiatan sebagai wadah penyaringan mahasiswa berbakat yang siap untuk dikirim ketika ada kegiatan yang berbau qurani,” kata dia.

Ia berharap dengan diadakan nya lomba tersebut tidak lain adalah untuk menambah semangat para anggota dalam menekuni Alquran.

"Jelasnya betul- betul bisa amanah menjadi wadah pencetak generasi Qurani dan klub bisa hidup kembali dengan semangat para anggota dalam menekuni Al-quran," kata dia.

Baca juga: Ada bonus besar untuk kafilah MTQ Kalbar

Satu di antara peserta lomba MTQ, Krisna mengatakan dengan adanya lomba motivasinya untuk memperkuat semangat menghafal dan muraja'ah dalam membaca Alquan.

"Tentu dengan lomba ini bisa meningkatkan semangat menghafal dan muraja'ah kembali bacaan qur'an saya. Kemudian tentu melihat sejauh mana kemampuan saja," papar dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Peyelenggara MTQ, Gusti Maulana  menyebutkan dalam lomba MTQ diikuti 26 peserta utusan dari beberapa jurusan yang ada di IAIN.

"Ada 26 peserta MTQ tapi dari sekian banyak itu ada yang tidak jadi ikut dan mengundurkan diri karena beberapa alasan dari mereka, jadi sekitar 20 orang peserta lah yang ikut lomba dari 26 orang tersebut," katanya.

Baca juga: Ada bonus besar untuk kafilah MTQ Kalbar

Selain dari lomba MTQ kata Gusti ada juga lomba kaligrafi tingkat mahasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa IAIN Pontianak.

"Selain lomba MTQ kita juga adakan lomba kaligrafi yang  di mulai sore ini. Sementara untuk besok malam merupakan malam puncak,” papar dia.

Baca juga: Pontianak gelar MTQ di kawasan Tugu Khatulistiwa
Baca juga: MTQ Sintang hadirkan qori internasional

Pewarta: Samia

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019