Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (DSPMD) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, dr. Nursyam Ibrahim memastikan penyaluran logistik untuk pelaksanaan Pilkades Serentak pada 60 desa di kabupaten setempat akan tiba sesuai jadwal yang ditentukan.

"H-3 dipastikan semua logistik untuk pelaksanaan Pilkades serentak pada 60 desa di Kubu Raya akan tiba di lokasinya masing-masing. Saat ini penyaluran logistik untuk Pilkades sudah dilakukan dan mudah-mudah tidak ada kendala dalam penyalurannya," kata Nursyam di Sungai Raya, Jumat.

Dia menyatakan, waktu pelaksanaan Pilkades Serentak di Kubu Raya tinggal satu pekan untuk berbagai persiapan juga sudah dilakukan pihaknya, mulai dari rapat koordinasi dengan berbagai pihak, sampai pembahasan teknis pelaksanaannya nanti.

"Kita sudah mematangkan dan melakukan pemetaan terkait pendistribusian logistik dengan menggelar Rapat Evaluasi kedua Pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 kemarin.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dan Panitia Pengawas (Panwas) di setiap Kecamatan disepakati PPKD dan Panwas bersama 1 petugas dari aparat keamanan mengambil pendistribusian logistik dengan pengawalan, melalui termasuk transportasi sungai.

"Keperluan logistik, mulai dari kotak suara dan perlengkapan lainnya termasuk kertas suara harus sampai ke sekretariat PPKD di 60 Desa penyelenggara Pilkades serentak. Kondisi saat ini sudah kami sampaikan di 9 Kecamatan pada saat Bimtek, namun tentu bisa terjadi hal-hal di luar rencana mungkin kami berharap kepada Camat bisa mengkonsolidasikan kembali apa yang telah kita lakukan pada Bimtek 9 Kecamatan beberapa waktu lalu," katanya.

Nursyam juga berharap kepada seluruh Camat untuk terus memonitor dan pastikan kalau PPKD sudah siap untuk menjemput logistik, meski sudah ada komitmen yang disampaikan oleh masing-masing PPKD dan pihaknya tidak menginginkan keteledoran dari PPKD sehingga logistik ini mengendap di kecamatan.

"Untuk itu diperlukan penajaman mekanismenya kepada seluruh PPKD di masing-masing kecamatan. Adapun hal yang lainnya terkait teknis pendistribusian logistik, untuk distribusi logistik di daerah perairan (pesisir) akan dilakukan pada H-7 sedangkan untuk desa-desa yang tidak terlalu jauh pendistribusian logistik akan dilakukan pada H-3," katanya.

Dan pihaknya pastikan semua logistik ini benar-benar sampai di masing-masing desa. Sedangkan untuk logistik di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) merupakan teknis dari masing-masing PPKD.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, juga memastikan persiapan yang menjadi tanggung jawab PPKD kabupaten, kecamatan maupun desa agar bisa menjamin terlaksananya Pilkades serentak dengan tertib dan juga hal-hal yang perlu dikoordinasikan dengan camat, Polsek, Danramil dan jajaran di Babinkamtibmas terkait pendistribusian kotak dan surat suara yang sudah harus sampai pada H-3 dan juga termasuk pendistribusian logistik pelaksanaan Pilkades serentak di daerah-daerah terjauh.

"Terkait dengan waktu pelaksanaan Pilkades serentak yang jamnya sangat singkat dan jumlah pemilihnya banyak, mengingat untuk 1 TPS diperuntukkan bagi 1.000 pemilih, sehingga kita mengantisipasi waktunya jangan sampai pemilih memberikan hak suaranya melebihi waktu yang telah ditentukan supaya pelaksanaan bisa berjalan tertib," kata Muda.

Muda menjelaskan, pihaknya juga sudah menetapkan untuk ketentuan bagi pemilih. Dia mencontohkan adanya syarat selama 6 bulan berdomisili sebelum penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) harus ada surat keterangan penduduk, sehingga hal ini jangan sampai menimbulkan persoalan di masyarakat.

"Yang pasti, persiapan ini juga terkait dengan bagaimana fasilitasi-fasilitasi yang sudah disiapkan. Untuk PPKD Kabupaten, Kecamatan dan Desa termasuk pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades serentak, kami berharap dan saya tentu selaku Bupati, ini Pilkades pertama dengan jumlah peserta cukup besar sebanyak 60 Desa ini merupakan potret demokrasi di Kabupaten termuda di Kalbar itu," kata Muda.

Baca juga: Logistik Pilkades Kubu Raya masih kekurangan 396 TPS
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019