Pendanaan untuk Modal Rakyat yang merupakan layanan peer-to-peer lending atau bentuk inovasi dalam dunia finansial di Indonesia yang fokus menyasar UMKM bersumber dari masyarakat Pontianak saat ini mencapai Rp35 miliar.

“Modal Rakyat adalah layanan peer-to-peer lending atau marketplace yang mempertemukan pemberi pinjaman dengan peminjam dalam hal ini kepada UMKM. Nah, dari total pendanaan di seluruh Indonesia, menarik sekali 30 persen nya itu dari Kota Pontianak,” ujar Co-founder and CEO, Modal Rakyat, Stanislaus di Pontianak, Senin.

Stanislaus menjelaskan bahwa hingga saat ini Modal Rakyat telah menggandeng lebih dari 9.000 pendana di Indonesia dan telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp90.436.885.000 ke lebih dari 3,000 pinjaman UMKM ke seluruh Indonesia.

“Modal Rakyat telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sejak Juni 2018. Hadirnya kami untuk mendorong terbangunnya inklusi keuangan, khususnya dalam mengembangkan kualitas dan produktivitas UMKM di Indonesia,” kata dia.

Pihaknya menawarkan alternatif pendanaan secara online dengan aman, jumlah pendanaan minimal, dan tingkat pengembalian yang menarik.

Di sisi lain, Modal Rakyat ingin memberikan solusi bagi UMKM yang ingin mendapatkan pinjaman dengan praktis, cepat dan mudah sehingga dapat membantu pengembangan ekonomi Indonesia.

“Visi kami adalah memberikan inklusi keuangan melalui teknologi finansial pembiayaan alternatif untuk semua sektor UMKM di seluruh Indonesia,” kata dia.

Lanjutnya, dalam rangka mencapai visi tersebut, Modal Rakyat memulainya dengan memberikan akses pinjaman bagi Usaha Mikro dengan nilai pinjaman mulai dari Rp500.000, di mana pinjaman tersebut digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja dari para pelaku bisnis.

“Langkah strategis yang dilakukan Modal Rakyat untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas UMKM di Indonesia adalah bermitra dengan perusahaan PPOB (Payment Point Online Bank) yang telah menggandeng lebih dari 1 juta toko kelontong yang mayoritas adalah agen penjual pulsa yang tersebar di seluruh pelosok nusantara,” sebut dia.

Modal Rakyat melihat adanya potensi di Kalimantan Barat, termasuk Pontianak untuk menggandeng lebih banyak pendana untuk terus mendukung penyaluran kredit kepada para UMKM di Indonesia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019