BNI Cabang Pontianak membuat terobosan dalam penyaluran bantuan pemerintah dengan menyambangi langsung siswa penerima Program Indonesia Pintar (PIP) ke sekolah – sekolah guna memastikan terserapnya dana PIP tersebut sampai dengan 100 persen.

“Untuk mengakomodir PIP yang cukup besar dan yang bertransaksi itu harus siswanya maka kita mencari solusi. Sehingga siswanya tidak kesulitan dalam mencairkannya harus mengantri di kantor kita maka kita melalui BNI Layanan Gerak (BLG),” ujar Branch Manager BNI Pontianak Muhammad Farid Ma`rof di Pontianak, Kamis.

Baca juga: BNI dukung program SPBU go cashless di SPBU Pontianak

Ia menambahkan melalui  BLG penyaluran dana PIP kali ini lebih terjangkau oleh para siswa. Siswa tetap berada di lingkungan sekolah yang tentunya mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pembagian buku tabungan dan penarikan dana PIP dilakukan langsung di waktu yang bersamaan.  Hari ini dilakukan di SMKN 7 Pontianak dan antusias siswa sangat tinggi,” jelas dia.

Farid menambahkan di Kota Pontianak pihaknya menyalurkan dana PIP kepada 8 SMK di Kota Pontianak.  BNI fasilitas pencairan dana PIP selain datang ke sekolah, di kantor cabang juga bisa di  Agen46 BNI yang berada di dekat dengan tempat tinggal siswa.

“Pencairan di Agen46 BNI dapat dilakukan setelah PIP terintegrasi dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang juga berfungsi sebagai kartu debit,  yang dapat digunakan di seluruh ATM BNI dan mesin EDC di Agen46 BNI,” jelas dia.

Baca juga: KUR BNI di Kalbar sudah Rp214,46 miliar

Penyaluran dana PIP kali ini dimulai sejak Selasa, 26/11/2019 sampai dengan Kamis 28/11/2019 di 3 SMK terpilih.

Selasa, 26 Nov 2019 berlokasi di SMK 4 yang beralamat di Jl. Komodor Yos Sudarso, Sungai Beliung, Kec. Pontianak Bar, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78244 dengan penerima SMK Koperasi (43 siswa), SMK 4 (90 siswa), SMK 9 (12 Siswa) dan SMK Muhammadiyah (38 Siswa).

Rabu, 27 Nov 2019 berlokasi di SMK 3 dengan Alamat Jl. S. Parman, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243, 1.7 km dengan penerima SMK 3 (48 siswa), SMK 5 (34 siswa) dan SMK YPK (25 siswa).

Kamis, 28 Nov 2019 berlokasi di SMK 7 dengan alamat Jl. Tj. Raya II, Saigon, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak, dengan penerima siswa SMK 7 yaitu berjumlah 200 Siswa.

Sementara itu,  Kepala SMKN 7 Pontianak, Syaripurahman menyambut baik ada kemudahan dari BNI terhadap penerima PIP. Menurutnya dengan BNI hadir langsung ke sekolah maka tidak menyita waktu belajar siswa kalau mengambil uang ke kantor cabang.

"Kita apresiasi BNI hadir ke sekolah fasilitasi langsung siswa kita mengambil dana PIP ini. Siswa kita yang menerima tahun ini 200 an orang. Tentu siswa terbantu," jelas dia.

Baca juga: Pelajar SMKN 1 Pontianak raih juara 1 Program Aku Saudagar Muda BNI

Baca juga: BNI Operasikan Perpustakaan Digital Di Untan

 

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019