Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meminta pengelola Bandara Supadio Kabupaten Kubu Raya dan pihak yang sudah mendapat tugas pencegahan penyebaran virus corona memperketat pengawasan terhadap warga negara asing yang datang ke Kalbar melalui jalur udara.

"Kita minta kepada pihak bandara dan semua yang terlibat di dalamnya, baik itu dari kesehatan bandara, pihak karantina dan pihak lainnya untuk lebih memperketat pengawasan terhadap orang yang masuk ke Kalimantan Barat melalui Bandara Udara Supadio, khususnya untuk penumpang yang datang dari Kuching, Singapura, dan negera lainnya," katanya Sungai Raya, Senin.

Baca juga: PT WHW siapkan langkah cegah virus corona

Ia juga mengimbau masyarakat tidak terlalu panik menanggapi virus corona, karena pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah masuknya virus tersebut ke Indonesia dan Kubu Raya, khususnya.

Muda mengimbau masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah, khususnya orang tua yang memiliki anak kecil agar mengawasi mereka untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah.

Baca juga: Cek WNA di Kalbar untuk pastikan tidak terjangkiti Virus Corona
Baca juga: Ombudsman apresiasi Pemprov antisipasi wabah virus corona

Hal itu, katanya, harus dilakukan sejak dini oleh masyarakat untuk mencegah kontaminasi dari pihak luar.

"Kalau ada hewan peliharaan, juga sebaiknya sementara ini jangan dibawa masuk ke dalam rumah dulu, karena biasanya hewan lebih cepat terserang penyakit dibanding manusia dan hewan juga bisa menjadi perantara berbagai macam virus bagi manusia," kata dia.

Muda juga mengimbau masyarakat untuk selalu menyediakan masker yang dibawa ke mana pun pergi. 

Baca juga: China ujicoba obat HIV untuk penyembuhan virus corona baru
Baca juga: Masyarakat Pontianak diimbau terapkan pola hidup sehat cegah virus corona

Bila perlu, kata dia, selalu menggunakan masker jika akan keluar rumah atau berada di tempat ramai.

"Saya kira ini bisa yang bisa kita lakukan sementara, karena baiknya melakukan pencegahan sejak dini dan tentu ini lebih baik. Sambil kita berdoa, semoga kita bersama dijauhkan dari penyakit ini dan mudah-mudahan saudara kita yang di Wuhan dan belahan dunia lain bisa segera sembuh dari penyakit ini, bagi mereka yang sudah terinfeksi," katanya.

Pemkab Kubu Raya akan terus melakukan pemantauan di lapangan melalui puskesmas dan RSUD Kubu Raya, di mana semua petugas medis sudah diminta mengenali dengan baik ciri-ciri pasien yang terkena virus itu.

"Agar ketika ada pasien yang memiliki ciri-ciri terkena virus ini, bisa segera dilakukan tindakan yang harus dilakukan," kata Muda.

Baca juga: Kadinkes tegaskan belum ada suspect virus corona di Kalbar
Baca juga: Keteguhan Mila di sudut Kota Wuhan
Baca juga: Pasien positif corona di Malaysia terus bertambah

   
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020