Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan menerima "Rapor" Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Provinsi, Kabupaten/Kota wilayah II tahun 2019 di Kabupaten Badung Bali dengan nilai B (Baik) setelah selama sembilan tahun mendapat nilai CC (Cukup Baik).

Rapor diberikan karena Pemkot Singkawang berhasil atas prestasinya dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2019 dengan predikat nilai “B”.

Baca juga: 36 SKPD Kubu Raya Ikuti Pemutakhiran Lakip

"Alhamdulillah, Pemkot Singkawang berhasil meraih nilai B, setelah selama 9 tahun terbelenggu dengan nilai CC," kata Irwan di Singkawang, Selasa.

Menurutnya, penyerahan rapor evaluasi SAKIP diberikan kepada 161 pemerintah provinsi, kabupaten dan kota wilayah II beserta rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan pada tahun selanjutnya.

Penghargaan ini, katanya, tidak terlepas dari kerja bersama seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Singkawang dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang baik.

Baca juga: Pemkot Pontianak Target Dongkrak Nilai LAKIP

"Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kerja bersama seluruh ASN dalam memperbaiki kualitas tata kelola pemerintahan. Yang sebelumnya dengan nilai CC, saat ini menjadi B," ujarnya.

Menurutnya, tata kelola pemerintahan yang baik saat ini adalah berorientasi pada manfaat atau hasil yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Jadi masyarakat dapat merasakan hasil dari sebuah tata kelola pemerintahan yang baik," katanya.

Baca juga: Kubu Raya Upayakan Peningkatan Laporan Lakip

Predikat dengan nilai B juga diraih Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sambas dan Kabupaten Mempawah.

Baca juga: Wapres: LAKIP Jadi Pertimbangan Perombakan Kabinet
Baca juga: Laporan Kinerja Instansi Pemda Paling Lambat 31 Maret
Baca juga: Kemendagri Ubah Target Evaluasi LAKIP Pemda
   

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020