Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Muhammad Arif dalam Dialog Publik yang digelar Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mendorong mahasiswa untuk meningkatkan keahlian atau kemampuan untuk menjadi pemuda yang unggul.

"Salah satu cara yang diterapkan untuk membangun pemuda-pemuda yang unggul ini yakni meningkatkan masing-masing keahlian atau kemampuan mereka. Setiap orang pasti mempunyai kemampuan tersendiri. Nah, itu lah yang harus dikembangkan," ujar Muhammad Arif di IAIN Pontianak, Rabu.

Ia juga menambahkan selain kemampuan tersebut, juga harus ada upaya-upaya lain yang perlu dikembangkan yakni meningkatkan peran serta mahasiswa dalam pembangunan yakni dengan memberikan masukan serta pendapat.

"Dialog publik yang diselenggarakan ini contohnya sangat penting. Hal itu agar mahasiswa IAIN memahami peran sebagai masyarakat Pontianak. Mahasiswa harus tahu kondisi yang sedang terjadi atau isu-isu yang muncul di Kota Pontianak saat ini," katanya.

Ia mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat berpengaruh dalam membangun pemuda - pemuda yang unggul di Pontianak.

"Pembangunan itu memang tidak lepas dari pada SDM. Jika SDM nya baik maka tentu pemuda tersebut juga akan lebih baik. Jadi kita mendorong dari seluruh elemen-elemen masyarakat untuk senantiasa meningkatkan dari segi pendidikan yang maju, berkualitas dan kita yakin pendidikan di Kota Pontianak ini akan lebih meningkat," papar dia.

Muhammad Arif berharap melalui dialog publik tersebut mahasiswa IAIN maupun lainnya agar ke depannya terbangun rasa memiliki yang kuat terhadap Kota Pontianak. Kemudian memperjuangkannya dan memiliki rasa kebersamaan.

"Kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah saat ini harus dilakukan secara berkelanjutan. Secara umum perlu peran dari seluruh masyarakat maupun mahasiswa untuk mendukung pembangunan yang lebih maju," kata dia.

Pewarta: Dedi/ Ega

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020