Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Abang Muhammad Nasir berharap ada fasilitas memadai di Bandara Pangsuma Putussibau untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID - 19).
 
"Saya minta pengawasan dan antisipasi seperti deteksi dini terkait virus corona di bandara mesti ditingkatkan dengan didukung pula fasilitas berstandar," kata Nasir, saat di hubungi Antara, di Putussibau, Kapuas Hulu, Senin.
 
Disampaikan Nasir, peralatan pendeteksi atau pencegahan standar harus diterapkan di bandara, namun karena Bandara Pangsuma Putussibau merupakan bandara domestik maka ada keterbatasan kewajiban terutama termometer scan.


Baca juga: Antisipasi Covid-19, Malaysia terapkan "lockdown" 18-31 Maret 2020
Baca juga: Bupati Landak ajak masyarakat kurangi aktivitas luar rumah
 
 
"Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Bandara Pangsuma Putussibau, tetapi bandara kita bandara domestik yang tidak ada kewajiban untuk alat scan suhu tubuh," jelas Nasir.
 
Meski pun demikian, antisipasi dan pengawasan terutama untuk kedatangan mesti semakin diperketat.
 
Sementara itu, Kepala Bandara Pangsuma Putussibau, Hery Azari mengatakan kewenangan pengadaan alat termometer scan itu ada pada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan adanya pada Bandara Internasional.
 
"Bandara Pangsuma Putussibau merupakan bandara domestik jadi tidak ada alat scan, adanya di bandara internasional," kata Hery.


Baca juga: Gubernur Sutarmidji: Hanya saya dan KadisKes yang boleh keluarkan info Corona
Baca juga: Antisipasi Covid-19 pengawasan pintu negara di Kapuas Hulu diperketat
 
 
Kendati demikian, Hery mengatakan ada beberapa langkah yang telah dilakukan di Bandara Pangsuma Putussibau dalam mencegah dan mengantisipasi virus corona, diantaranya melakukan pembersihan yang lebih diintensifkan, melakukan sosialisasi publik, pengumuman di bandara tentang sympton COVID - 19 dan imbauan untuk menjaga personal hygiene dan kebersihan lingkungan serta menghindari perjalanan bagi yang merasa sakit.
 
"Jadi kami sudah berupaya langkah antisipasi termasuk juga koordinasi dengan pemerintah daerah khususnya dinas kesehatan," jelas Hery.


Baca juga: Antisipasi Covid-19 pengawasan pintu negara di Kapuas Hulu diperketat
Baca juga: Antisipasi Covid-19, Pemkab Kubu Raya liburkan sekolah
Baca juga: Ini imbauan Gubernur Kalbar antisipasi meluasnya Covid-19
 
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020