Dalam rangka hari lahir Pancasila pada 1 Juni 2020, Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pontianak menginstruksikan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Rutan Pontianak mengibarkan bendera merah putih selama sehari untuk memperingati

Selain menginstruksikan pengibaran bendera merah putih, Kepala Rutan, Muhammad Yani juga mewajibkan ASN di lingkungan Rutan Pontianak untuk dapat mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 di tempat kerja masing-masing.

"Saya menginstruksikan untuk mengibarkan bendera merah putih di Rutan Pontianak dan saya mengajak seluruh ASN di Rutan Pontianak agar mengibarkan bendera merah putih di rumah masing-masing selama sehari," ujarnya di Pontianak, Senin

Yani juga menginformasikan bahwa upacara peringatan hari lahir Pancasila itu dapat diikuti dengan menyaksikan siaran langsung TVRI atau tayangan langsung dalam jaringan (daring) di akun Youtube BPIP RI, laman facebook BPIP RI dan laman Instagram BPIP RI mulai pukul 07.45 WIB tadi.

"Kita semua harus terus - menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia," kata dia.

Selain itu, Kepala Rutan juga mengatakan bahwa seluruh pegawai diwajibkan untuk mensosialisasikan penanaman nilai Pancasila untuk warga binaan di Rutan Pontianak.

“Kita berharap supaya warga binaan dapat mengerti bahwa mereka juga wajib untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Kembali, upacara kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena negara sedang menghadapi wabah COVID-19 maka kegiatan upacara berlangsung secara daring,"katanya.

Satu di antara ASN di Rutan Pontianak, Binardi Rizi yang mengibarkan bendera di rumah juga turut menggelorakan semangat hari lahir Pancasila ini.

Ia mengatakan dengan semangat hari lahir Pancasila tahun ini dengan mengibarkan bendera merah putih di rumahnya.

"Sesuai dengan instruksi Kepala Rutan, saya hari ini mengibarkan bendera merah putih di rumah kita gelorakan semangat hari lahir Pancasila dan terpenting bersama kita amalkan setiap butir Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020