Sejumlah personel TNI dari Babinsa Koramil 1202-02/Sanggau Ledo, Bengkayang, Kalimantan Barat, mengawal pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial yang disalurkan kepada warga terdampak wabah COVID-19.

"Kita juga telah ikut terlibat mengawal dan mendampingi warga Kecamatan Sanggau Ledo yang mendapat bantuan. Untuk itu lah kami sebagai aparat negara melakukan pengamanan,” ujar Babinsa Kecamatan Sanggau Ledo, Serda Patria Legowo saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Dandim 1202/Skw Letkol Arm Victor J.L Lopulalan menambahkan pengamanan bertujuan penyaluran bantuan yang disalurkan melalui kantor pos berjalan lancar.

Baca juga: Kantor Pos Sintang salurkan bantuan sosial tunai tahap dua

"Kita berharap dengan ada kerjasama dan pengamanan langsung dari pihak kita semuanya bisa berjalan dengan baik, dan warga penerima manfaat betul-betul merasakan keamanan," kata dia.

Ia mengajak masyarakat untuk terus menjalankan protokol kesehatan dalam memutus rantai wabah COVID-19. Menurut dia, semua pihak harus bersama -sama untuk memutus rantai wabah tersebut.

"Peran berbagai pihak untuk memutus rantai wabah diperlukan. Penerapan protokol kesehatan harus kita budayakan," katanya.

Penyaluran BST dari Kemensos RI tersebut melalui Kantor Pos Indonesia. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama tiga bulan akan mendapat bantuan sosial tersebut dan setiap bulan menerima Rp600 ribu.

Di masa pandemi, BST dari Kemensos berperan penting memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak, sehingga beban rumah tangga dapat terbantu di tengah sejumlah pembatasan atau penerapan protokol kesehatan pencegahan wabah COVID-19. Pada saat ini BST sudah memasuki tahap kedua.

Untuk mengambil BST di Kantor Pos Indonesia, KPM harus membawa KTP dan KK asli beserta surat pemberitahuan. Untuk informasi lebih lanjut juga bisa hubungi kantor desa, kantor camat, dinas sosial dan kantor pos terdekat di wilayah KPM. Bisa juga cek mandiri di https:/ cekbansos.siks.kemsos.go.id/.

Baca juga: Meski hidup sebatang kara Ampan menolak BST dari pemerintah
Baca juga: 27.160 kepala keluarga di Kubu Raya mulai terima BST dari Kemensos
Baca juga: 179.000 keluarga di Kalbar sudah terima bantuan sosial tunai


 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020