Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengatakan sangat mendukung usulan pembentukan siaga Search and Rescue (SAR) di Kapuas Hulu, untuk itu Pemkab Kapuas Hulu akan menyiapkan lahan untuk kantor SAR tersebut di daerah Teluk Barak, Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan.

" Pemkab Kapuas Hulu setuju atas rencana pembentukan Siaga SAR di Kapuas Hulu dan kita siapkan lahan milik pemkab di depan lapangan sepak bola daerah Teluk Barak," kata Abang Muhammad Nasir, dihubungi ANTARA, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat.

Disampaikan Nasir, salah satu pertimbangan persetujuan atas rencana pembentuka Siaga SAR yaitu tingginya kecelakaan air di perairan wilayah Kapuas Hulu dan orang hilang.

Bayangkan saja, kata Nasir dalam tahun ini saja sudah berturut - turut orang tenggelam, belum lama kejadian di Kecamatan Jongkong, disusul di Kecamatan Bika, dan pada Rabu (10/6) kemarin juga ada lagi warga Kapuas Hulu yang tenggelam di perairan sungai Mendalam, Kecamatan Putussibau Utara.

Menurut dia, dalam pembentukan Siaga SAR itu Pemkab Kapuas Hulu hanya diminta menyiapkan lahan, sedangkan untuk anggaran dan personilnya merupakan kewenangan pusat.

" Basarnas itukan instansi vertikal, jadi kita di daerah hanya diminta menyiapkan lahan, dan lahan tersebut sudah kita siapkan," kata Nasir.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020