Pemerintah Kota Singkawang mengikuti lomba inovasi normal baru produktif dan aman dari COVID-19 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Lomba ini adalah dalam rangka penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman COVID-19 yang diselenggarakan Kemendagri," kata Kepala Dinas Kominfo Singkawang, Ahyadi, di Singkawang, Senin.

Ia mengatakan tujuh sektor yang dilombakan, di antaranya pasar tradisional, pasar modern, restoran, hotel, PTSP, tempat wisata, dan transportasi umum.

Baca juga: Pemkot Singkawang akan kembangkan objek wisata Batu Belimbing

"Kota Singkawang sendiri akan mengikuti lomba di sektor hotel dan restoran," tuturnya.

Dipilihnya sektor hotel dan restoran, kata dia, sebagai tepat, mengingat Kota Singkawang sebagai tempat tujuan wisata di Kalimantan Barat.

"Hotel dan restoran sebagai objek yang dikunjungi wisatawan. Sudah seharusnya penyiapan 'new normal' (normal baru) dengan protokol kesehatan harus sudah siap," katanya.

Dia mengungkapkan hasil karya inovasi berupa video yang dibuat untuk lomba itu akan disosialisasikan kepada masyarakat luas, dengan artian kedua sektor tersebut dapat beraktivitas normal melalui penerapan protokol kesehatan.

"Bisa jadi bahan sosialisasi, masyarakat harus tahu dan siap dengan tatanan normal (baru, red.), namun harus dengan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," kata Ahyadi.

Baca juga: Polisi tangkap pengedar narkoba di lokasi objek wisata Singkawang
Baca juga: Paket wisata Cap Go Meh 2020 Singkawang laris
Baca juga: Objek Wisata Kota Pusaka Singkawang tuntas Desember
Baca juga: Singkawang tata kawasan kota pusaka
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020