Satgas Preventif Ops Bina Karuna Polres Singkawang, Kalimantan Barat,  mengimbau masyakarat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah itu.

"Imbauan ini mengajak masyarakat mengantisipasi kejadian karhutla saat memasuki musim kemarau," kata Ketua Satgas Preventif Ops Bina Karuna Polres Singkawang, Iptu Supiyanto di Singkawang Selatan, Minggu.

Meski wilayah Kecamatan Singkawang Selatan saat ini masih aman dari karhutla, namun pihaknya tidak kendor memberikan imbauan pencegahan karhutla.

Selain sosialisasi dan imbauan, personel Ops Bina Karuna Polres Singkawang juga melakukan pengawasan dengan berpatroli ke wilayah-wilayah rawan karhutla.

"Mereka juga melakukan kampanye dengan menyambangi warga, melakukan dialog dan memasang  spanduk berisi imbauan," katanya.

Menurutnya, melalui imbauan, patroli pengawasan dan dialog diharapkan personel Ops Bina Karuna Polres Singkawang dapat secara efektif mencegah terjadinya karhutla saat musim kemarau tiba.

"Kita lebih mengutamakan tindakan pencegahan dengan cara patroli pengawasan, patroli sambang masyarakat, memasang banner di daerah-daerah yang dirasa rawan terjadi karhutla jika musim kemarau datang dan juga melakukan dialog dengan masyarakat," tuturnya.

Kapolsek Singkawang Selatan, Iptu Ronald Deny Napitupulu mengatakan, pihaknya juga selalu melakukan pencegahan.

"Untuk tindakan pencegahan sendiri kita dari Polsek Singkawang Selatan memberdayakan Bhabinkamtibmas untuk terus dan rutin melakukan sambang ke wilayah binaan dan mengkampanyekan cegah karhutla,” katanya.

Dia juga memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) di wilayah binaan, harapannya jika musim kemarau tiba dan terjadi kebakaran masyarakat dapat sedini mungkin memadamkan dan dapat bersama mencegah terjadinya karhutla.

"Dengan rangkaian kegiatan tersebut, saya berharap dapat meniadakan ataupun menekan terjadinya karhutla saat musim kemarau tiba," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020