Ketua Komisi Pemilihan Umum Kapuas Hulu, Ahmad Yani mengatakan hingga saat ini pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di wilayah Kapuas Hulu masih berlangsung dan akan berakhir pada 13 Agustus 2020.

" Alhamdulillah Coklit masih tetap terlaksana lancar dan aman, kami hanya mengingatkan bahwa Coklit selesai pada 13 Agustus, kami minta dukungan dan kerjasama masyarakat," kata Ahmad Yani, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa.

Disampaikan Yani, setelah Coklit selesai akan dilanjutkan tahapan selanjutnya yaitu rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran di tingkat desa atau kelurahan mulai 30 Agustus hingga 1 September.

Rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran tingkat kecamatan akan dilaksanakan 2 hingga 4 September 2020. Sedangkan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran tingkat kabupaten untuk kemudian di tetapkan menjadi DPS Daftar pemilih sementara (DPS) pada 5 hingga 14 September 2020.

" Jadi setelah Coklit akan ada rekapitulasi pemutakhiran data pemilih, untuk itu kami minta masyarakat pro aktif mendukung kelancaran Coklit agar data pemilih yang kita hasilkan berkualitas," kata Yani.

Terkait untuk tahapan pencalonan, kata Yani, bahwa pengumuman pendaftaran pada28 Agustus hingga 3 September 2020.

"Pendaftaran calon akan di mulai pada 4 hinhga 6 September 2020, untuk tanggal 4 hingga 5 September di mulai pukul 08.00 hingga pukul 16. 00 WIB, sedangkan pada 6 September di mulai pukul 08.00 WIB hingga 24. 00 WIB," jelas Yani.

Setelah itu, lanjut Yani, akan dilaksanakan tahapan berikutnya yaitu penetapan pasangan calon pada 23 September 2020, ke esokan harinya yaitu pada 24 September dilaksanakan pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon.

" Untuk kampanye akan di mulai pada 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020, kemudian memasuki masa tenang dan pada 9 Desember pemunggutan dan hitung suara Pilkada serentak di Kapuas Hulu," kata Yani.

Dirinya berharap tahapan demi tahapan Pilkada Kapuas Hulu dapat berjalan aman dan lancar serta menghasilkan Pilkada yang bermartabat dan berkualitas.

Pewarta: Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020