Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Abang Muhammad Nasir yang berada di bagian Timur Kalimantan Barat berbatasan langsung dengan negata Malaysia, berharap agar bangsa Indonesia semakin maju serta mampu untuk berkompetisi dengan negara lain dari berbagai bidang.

" Daerah kita ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia tentu banyak harapan kita untuk kemajuan bangsa tercinta dan kita harus bangga dengan produk Indonesia," kata Abang Muhammad Nasir, usai prosesi peringatan HUT RI ke - 75, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin.

Baca juga: Edi Rusdi Kamtono ajak generasi muda isi pembangunan dalam perayaan kemerdekaan

Disampaikan Nasir, sebagai kabupaten perbatasan banyak hal yang perlu menjadi perhatian, salah satu contoh persoalan jaringan seluler telekomunikasi dan internet, kemudian sumber daya manusia dan infrastruktur dasar.

Menurut dia,  Kapuas Hulu yang memiliki wilayah cukup luas ada 278 desa dari 23 kecamatan, sekitar 60 lebih desa belum memiliki jaringan seluler.
 
Bupati Kapuas Hulu, kabupaten perbatasan Provinsi Kalimantan Barat, Abang Muhammad Nasir saat memimpin upacara pengibaran bendera peringatan Hari Kemerdekaan RI ke - 75. (Istimewa)


Apalagi di daerah perbatasan, kata Nasir, lebih kuat jaringan dari Malaysia, meski pun demikian dirinya pun menyadari begitu luas nya Indonesia, tentu daerah lain juga memiliki harapan yang sama.

" Saya rasa saat ini jaringan seluler telekomunikasi dan internet itu menjadi suatu kebutuhan, apalagi anak - anak kita melakukan proses pembelajaran melalui daring, tentu itu juga berkaitan dengan SDM kita kedepannya," kata Nasir.

Baca juga: Semua lampu lalu lintas merah saat peringatan Detik-detik Proklamasi

Dikatakan Nasir, saat ini pembangunan daerah perbatasan memang tidak kalah dengan negara tetangga, tetapi harus kita akui sejumlah pembangunan di berbagai bidang masih memerlukan perhatian serius pemerintah pusat.

" Di masa pandemi ini semua memerlukan jaringan internet dan itu sudah kami sampaikan beberapa kali pertemuan," kata Nasir.

Berkaitan dengan semangat cinta tanah air, Nasir mengatakan masyarakat Kapuas Hulu di daerah perbatasan masih menjunjung tinggi nilai - nilai patriotisme dan nasionalisme.
 
Bupati Kapuas Hulu, kabupaten perbatasan Provinsi Kalimantan Barat, Abang Muhammad Nasir saat memimpin upacara pengibaran bendera peringatan Hari Kemerdekaan RI ke - 75. (Istimewa)


" Tidak bisa kita pungkiri di perbatasan sana masyarakat masih berketergantungan dengan negara tetangga terutama sembako, saya rasa itu sudah menjadi perhatian pemerintah kedepannya," kata Nasir.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat Kapuas Hulu untuk tetap meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa untuk mempertahankan kemerdekaan di usia 75 tahun ini.

" Kita mesti bangga dengan bangsa kita yang memiliki keberagaman, kebhennikaan itu menjadi modal kita dalam persatuan dan kesatuan tanpa memandang perbedaan," pesan Nasir.

Baca juga: Upacara Kemerdekaan RI, Mahfud MD gunakan baju tradisional Madura
Baca juga: Maudy Ayunda selalu semangat ikuti lomba 17 Agustus
Baca juga: Makna kemerdekaan sedang diuji
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020