Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sambas, Kalimantan Barat, Martono mengatakan sejauh ini belum ada tanggapan dan masukan dari masyarakat secara resmi terkait aktivitas pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Sambas di Pilkada 2020.

"Sampai saat ini belum ada tanggapan dan masukan secara resmi yang masuk ke KPU," ujar Komisioner KPU Sambas, Martono saat di Pontianak, Rabu.

Martono menjelaskan tahapan masukan dan tanggapan masyarakat terhadap empat bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Sambas dibuka sejak 4 - 8 September 2020.

"Jadi kami mempersilakan kepada masyarakat memberikan tanggapan dan masukan terhadap bakal paslon yang secara resmi mendaftarkan diri di KPU," kata dia.

Pada saat ini juga kata dia tahapan Pilkada 2020, bakal paslon tengah melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan mulai 4  hingga 11 September 2020.

Kemudian juga ada tahapan pengumuman dokumen bakal paslon, verifikasi data syarat calon, dan lainnya.

"Pada 13 -14 September 2020 jadwal pengumuman hasil verifikasi syarat calon," jelas dia.

Ia menyampaikan bahwa terdapat empat bakal paslon yang mendaftar yakni Helman Fachri dan Darso, Satono-Fahrurrofi, Atbah - Hairiah dan Heroaldi - Rubaeti Erlita.

"Kembali, kita saat ini tengah melakukan verifikasi data calon," kata dia.

KPU Sambas terus mengajak masyarakat mensukseskan Pilkada 2020. Ia berharap semua tahapan berjalan sesuai aturan, saling menghormati, tidak ada kampanye hitam apa lagi sampai mengarah ke SARA.

"Mari kita sukseskan semua proses Pilkada 2020. KPU tetap bekerja secara profesional sesuai aturan yang berlaku," kata dia.

Bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati Sambas dalam Pilkada 2020 yang mendaftarkan diri semua diusung partai politik, berikut datanya.

Pertama, Helman Fachri-Darso. Pasangan tersebut diusung oleh Partai Nasdem dan PDI Perjuangan dengan total 10 kursi.

Kedua yakni Satono-Fahrur Rofi diusung PAN dan Gerindra dengan total 11 kursi.

Ketiga adalah petahana Atbah Romin Suhaili-Hairiah. Pasangan ini diusung PKS, PPP, Demokrat, dan Hanura dengan total 12 kursi.

Keempat adalah Heroaldi Juliarti Alwi dan Rubaeti Erlita yang diusung Partai Golkar dan PKB dengan total 9 kursi.

Baca juga: Pendaftaran Pilkada Sambas 2020, Heroaldi - Rubaety pilih hari terakhir
Baca juga: Pilkada Sambas, petahana komitmen mempercepat pembangunan
Baca juga: Pendaftaran Pilkada Sambas, dua bakal paslon pada hari kedua
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020