Ketua Komisi Pemilihan Umum Kapuas Hulu Kalimantan Barat Ahmad Yani mengatakan debat publik pasangan calon (paslon) Pilkada Kapuas Hulu di laksanakan di Jakarta agar masyarakat bisa menyaksikan langsung di rumahnya masing-masing melalui lembaga penyiaran televisi.

"Terkait lokasi debat publik sesuai yang diatur di pasal 59 Peraturan KPU nomor 13 Tahun 2020, bahwa debat publik dilaksanakan di studio lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta atau ditempat lain yang disiarkan secara langsung, jadi kami memilih di Studio Menara Kompas TV Jakarta," kata Ahmad Yani, di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

Disampaikan Yani, KPU kabupaten/kota dapat melaksanakan debat publik paling banyak tiga kali selama masa kampanye, namun untuk KPU Kapuas Hulu telah memutuskan pelaksanaan debat hanya dilakukan satu kali selama kampanye.

Menurut dia, karena debat publik hanya dilaksanakan satu kali selama satu kali selama kampanye di Kapuas Hulu, maka KPU Kapuas Hulu ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kapuas Hulu.

"Paslon pun sudah sepakat, pelaksanaan debat publik itu di laksanakan di Studio Menara Kompas TV di Jakarta, karena kami ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kapuas Hulu dan bisa nonton debat publik di rumah masing-masing,"  kata Yani.

Terkait penerapan protokol kesehatan, Yani mengatakan dalam pelaksanaan debat publik itu peserta yang hadir langsung di batasi.

"Yang hadir hanya pasangan calon, dua orang perwakilan Bawaslu, empat orang tim kampanye, dan lima orang anggota KPU, semua menerapkan protokol kesehatan," kata Yani.

Ia berharap melalui debat publik itu, masyarakat pemilih pada Pilkada Kapuas Hulu dapat menilai kapasitas dan kapabilitas Paslon dan menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih di Tempat pemungutan suara (TPS) pada Rabu 9  Desember 2020 mendatang.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020